Vienna, Kota Modern yang Hip dan Artsy

Berlibur ke Eropa Timur tampak tidak lengkap apabila tidak menyertakan Vienna sebagai salah satu destinasi dalam itinerary. Wisata ke area Eropa Timur memang tidak bisa lepas dari kota Prague yang cantik, akan tetapi Vienna mempunyai pesonanya tersendiri. Musik, sejarah, seni, pop culture dan wisata kuliner bisa kita dapatkan di kota yang terletak di pinggir sungai Danube ini.

Vienna, the city of music

Tidak salah apabila Vienna dianggap sebagai pusat musik klasik. Banyak musisi klasik terkemuka dunia melahirkan karyanya di kota ini, di antaranya adalah Wolfgang Amadeus Mozart  dan Ludwig van Beethoven.

Wisata di Vienna - Musikverein

Musikverein

Akan tidak lengkap apabila anda mengunjungi kota ini tanpa mendengarkan alunan musik karya Mozart atau Beethoven tersebut. Untungnya kota ini mempunyai banyak opera house kelas dunia yang menampilkan orkestra lagu-lagu klasik khas Mozart, antara lain:

Anda dapat membeli tiket konser dari salah satu website opera house di atas. Saya beruntung mendapatkan kesempatan menonton langsung konser klasik Mozart di Musikverein bersama dengan teman saya ketika mengunjungi Vienna di tahun 2014 yang lalu. Meskipun harga tiketnya tidak tergolong murah (63 Euro), akan tetapi kami mendapatkan spot di baris depan dan mendapatkan full experience dari sebuah konser musik klasik.

Oh iya, jangan lupa juga untuk mengecek event-event special yang terkadang diadakan oleh opera house tersebut.

Vienna yang kaya dengan sejarah dan seni

Selain musik, Vienna juga mempunyai banyak cerita dan sejarah di dalamnya. Apabila anda termasuk tipe orang yang senang mengunjungi museum ketika berlibur maka saya sarankan anda untuk mengunjungi area Museumquartier, Kunsthistorisches dan Naturhistorische museum.

Wisata di Vienna - Museumsquartier

Museumsquartier

Museumquartier merupakan area yang mempunyai luas kira-kira 6000 m2 dan merupakan area kultural nomor delapan terbesar di dunia. Area Museumquartier mempunyai beberapa museum seperti Leopold Museum dan MUMOK (Museum of Modern Art Ludwig Foundation Vienna). Area ini dapat dicapai dengan mudah menggunakan jalur U2 dari transportasi U-Bahn (metro).

Lokasi Kunsthistorisches dan Naturhistorisches sangat dekat dengan Museumquartier dan berhadapan satu sama lain. Kunsthistorisches atau disebut juga sebagai Museum of Art History lebih menitikberatkan kepada lukisan, patung dan artifak seperti instrumen musik. Di sisi lain, Naturhistorisches atau Museum of Natural History lebih berfokus kepada science stuff, seperti evolusi mineral di bumi, batu-batu meteor, hewan-hewan di dunia beserta beragam budaya dari berbagai area.

Personally, karena saya tidak terlalu menyukai (dan juga tidak mengerti hehe) masalah lukisan, saya lebih suka dengan Naturhistorisches museum dibanding dengan Kunsthistorisches.

Mengunjungi spot “Before Sunrise” di Vienna

Apabila anda salah satu movie-goers, anda pasti pernah menonton atau mendengar film Before Sunrise. Film karya Richard Linklater tersebut merupakan salah satu film favorit saya yang menceritakan mengenai pertemuan random antara Jesse dan Celine di kereta menuju Paris. Keindahan kota Vienna dan atmosfir romantis di dalamnya membuat mereka tenggelam di dalam percakapan yang intim dan menciptakan chemistry di antara mereka.

Wisata di Vienna - The Zollamtssteg Bridge

The Zollamtssteg Bridge

Apabila anda termasuk tipe wisatawan yang ingin mencari hal unik di luar destinasi standard seperti museum, anda dapat menapaktilasi rute perjalanan Jesse dan Celine di kota Vienna. Salah satu contoh spot yang dapat anda kunjungi adalah Zollamtssteg Bridge, tempat Jesse dan Celine bertemu dua orang yang mengajak mereka menonton sebuah pertunjukan teater.

Wisata kuliner di Vienna

Berbicara mengenai liburan tidak akan lengkap tanpa wisata kuliner. Banyak tempat di Vienna yang dapat anda datangi di Vienna untuk berwisata kuliner.

Wisata di Vienna - Naschmarkt

Naschmarkt

Untuk sarapan, anda dapat mengunjungi Naschmarkt , market yang paling populer di Vienna. Banyak variasi makanan dan restoran yang dapat anda temui di sini seperti kebab, seafood sampai makanan tradisional Vienna. Anda juga dapat menemukan berbagai macam sayuran segar, dan rempah-rempah dari berbagai macam negara.

Wisata di Vienna - Brunch Moto am Fluss

Moto am Fluss

Apabila anda penikmat brunch, anda dapat mengunjungi restoran Motto am Fluss. Restoran yang terletak di pinggir sungai Danube ini bernuansa modern dan hip, sehingga sangat cocok untuk anda yang suka dengan suasana yang vibrant ketika menyantap hidangan anda. A bit pricey but definitely a nice place to stop and enjoy your day.

Wisata di Vienna - Wiener Schnitzel

Wiener Schnitzel

Untuk makan malam, anda dapat mencoba kuliner khas Vienna yang sudah mendunia, yaitu Wiener Schnitzel. Kuliner ini dibuat dari veal (daging sapi muda) yang digoreng tepung secara tipis. Alternatif daging lain selain veal adalah pork (babi), ataupun turkey (kalkun). Untuk mencoba Wiener Schnitzel ini saya sarankan anda untuk mencobanya di restoran Figlmueller  ataupun Schnitzelwirt .

Enjoy Vienna!
ps. Apabila anda mempunyai pengalaman unik lainnya di Vienna, jangan ragu untuk sharing di bagian comment ya :)

Please share if you find it useful :)Share on Facebook5Tweet about this on TwitterShare on Google+2Share on LinkedIn0
Andre Madian

About 

Andre adalah seorang digital marketer dan travel enthusiast.
Lulusan Teknik Industri ITB angkatan 2003 jurusan Teknik Industri, yang mempunyai passion di bidang startup dan teknologi.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Speak Your Mind

*