Wisata di Paris – Sebuah Catatan Perjalanan

Paris, salah satu kota paling terkenal di dunia yang sering muncul di cerita novel ataupun film. “The City of Love” adalah salah satu dari banyak julukan kota Paris. Apakah benar Paris merupakan kota yang romantis? Bagi saya itu tergantung persepsi masing-masing orang. Yang jelas, banyak wisatawan terutama pasangan yang memang meluangkan waktu untuk melakukan wisata di Paris karena alas an keromantisan kota tersebut.

Jadi, apa saja sih yang bisa dilihat di kota Paris, terutama bagi wisatawan awam? Saya dan keluarga kebetulan berkesempatan untuk melakukan wisata di Paris di tahun 2014 kemarin. Kami melakukan wisata di Paris bukan karena keromantisannya, melainkan karena penasaran dengan apa saja yang bisa ditawarkan oleh salah satu kota paling terkenal di dunia tersebut.

Wisata di Paris – Landmark

1. Notre Dame Cathedral

Wisata di Paris - Notre Dame

Landmark pertama yang kami datangi selama melakukan wisata di Paris. Bangunan bergaya gothic ini merupakan salah satu cathedral paling terkenal di Paris. Yang perlu diwaspadai adalah banyaknya orang-orang yang meminta sumbangan atau tanda-tangan di sekitar area ini. Biasanya orang-orang ini merupakan imigran dan datang berkelompok. Jika anda didatangi mereka, sebaiknya menolak dengan sopan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Notre Dame Cathedral dapat dikunjungi di alamat 6 Parvis Notre-Dame – Pl. Jean-Paul II.

2. Shakespeare and Company

Wisata di Paris - Shakespeare

Toko buku ini pastinya tidak asing terutama bagi penggemar film “Before Sunset” yang dibintangi oleh Ethan Hawke dan Julie Delpy. Film “Midnight in Paris” pun sempat menggunakan toko buku ini sebagai salah satu setnya. Toko buku ini juga merupakan toko buku bersejarah karena pada jaman dahulu kala merupakan tempat berkumpulnya penulis-penulis ternama seperti Ernest Hemingway dan Ezra Pound. Lokasinya tidak jauh dari Notre Dame Cathedral, lebih tepatnya di 37 Rue de la Bûcherie.

3. Eiffel Tower, tempat wajib wisata di Paris

Wisata di Paris - Eiffel

Siapa yang tidak kenal dengan symbol kota Paris ini? Ya, ini adalah landmark paling terkenal di Paris, bahkan mungkin di dunia. Paris adalah Eiffel, Eiffel adalah Paris. Menara yang dirancang oleh Gustave Eiffel ini terletak di Champs de Mars, 5 Avenue Anatole. Wisatawan yang melakukan wisata di Paris wajib berfoto dengan menara ini sebagai latar belakangnya. Jika ingin, wisatawan juga dapat naik ke atas menaranya dengan membeli tiket di tempat atau online (http://www.toureiffel.paris/).

4. Arc de Triomphe

Wisata di Paris_ArcDeTriomphe

Salah satu spot foto paling terkenal di Paris. Bentuknya sangat iconic karena berbentuk sebuah gerbang raksasa. Lokasinya berada di ujung jalan Champs-Elysées yang terkenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan utama di Paris. Monumen ini pertama kali dibuat oleh Napoleon Bonaparte dibangun sebagai penghargaan terhadap prajurit-prajurit Prancis. Di bawahnya terdapat makam “Tomb of the Unknown Soldier”. Karena sejarahnya dan pentingnya monumen ini sebagai salah satu simbol Paris, wisata di Paris juga tidak akan lengkap tanpa berfoto di depan monumen ini.

5. Louvre

Wisata di Paris - Louvre

 

Salah satu bangunan paling terkenal di Paris yang memiliki bentuk piramida. Louvre sebenarnya merupakan museum yang memiliki lukisan-lukisan penting di dalamnya, salah satunya adalah Mona Lisa. Karena saking terkenalnya, untuk memasuki museum ini tidak jarang wisatawan harus mengantri panjang. Akan tetapi jika tidak tertarik untuk melihat museumnya, wisatawan bisa hanya sekedar berfoto dengan piramida Louvrenya saja. Untuk masuk, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar 15 euro. Untuk detailnya dapat dilihat di situs ini.

6. Pont Alexandre III

Wisata di Paris - Pont Alexandre III

Banyak wisatawan pergi berfoto di Pont des Arts, salah satu jembatan di Paris. Salah satu keunikan jembatan ini adalah banyaknya pasangan yang menempelkan gembok di jembatan tersebut sebagai simbol kasih sayang mereka. Akan tetapi kabar terakhir, karena beratnya gembok-gembok yang menempel, pemerintah kota Paris berencana mencopot gembok-gembok tersebut dan melarang pemasangan gembok lagi.

Salah satu jembatan yang indah tetapi jarang diketahui oleh wisatawan adalah jembatan Pont Alexandre III. Untuk mendapatkan foto yang optimal, saya sarankan untuk datang di malam hari ketika lampu-lampu di jembatannya sudah dinyalakan.

7. Montmartre

Wisata di Paris - Montmartre

Daerah Montmartre dapat dibilang merupakan daerah bersejarah bagi penggemar seni karena banyak artists tinggal di daerah ini di masa lalu. Beberapa artist terkenal yang pernah melukis di daerah ini adalah Salvador Dali, Claude Monet, dan Vincent van Gogh. Daerah ini juga memiliki dua objek wisata terkenal yaitu Moulin Rouge dan Basilica Sacre-Coeur.

8. Basilica Sacre-Coeur

Wisata di Paris - Sacre Coeur

Tempat ini berada di atas bukit di daerah Montmartre. Di tempat ini wisatawan bisa mendapatkan panoramic view ke arah kota Paris. Untuk mencapainya, wisatawan bisa menggunakan cable car/funicular (perlu memiliki paris metro pass) atau berjalan kaki menggunakan tangga.

 

Wisata di Paris – Shopping

1. Champs-Elysées

 

Wisata di Paris - Champs Elysees

Tempat ini merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Paris, terutama bagi para penggemar shopping. Panjang jalan ini adalah sekitar dua kilometer dengan restoran dan took kelas atas di sekitarnya. Beberapa contoh toko-toko yang dapat ditemui di sini adalah Louis Vuitton, Ferrari, Laduree, Sephora, dll. Jalan ini berakhir di Arc de Triomphe. Kegiatan wisata di Paris tidak akan lengkap tanpa mengunjungi daerah perbelanjaan ini.

2. Galleries Lafayette

Wisata di Paris - Lafayette

Department store ini merupakan salah satu simbol lifestyle Prancis. Hampir semua brand-brand ternama dunia tersedia di department store ini, dan mereka menyediakan gaya-gaya terbaru fashion saat ini. Lokasi department store utamanya terletak di 40 boulevard Haussmann. Sebagai bayangan, warga Jakarta juga dapat mengunjungi outletnya di Pacific Place SCBD Jakarta.

3. Printemps

Wisata di Paris - Printemps

Salah satu saingan Galleries Lafayette, yang juga merupakan salah satu department store terbesar di Paris. Lokasinya dekat dengan Galleries Lafayette, yaitu di 64 boulevard Haussmann. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi department store ini setelah anda mengunjungi Galleries Lafayette untuk kepuasan berbelanja lebih lama.

Sudah membaca artikelnya? Selamat melakukan wisata di Paris :)

Please share if you find it useful :)Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+2Share on LinkedIn5
andri madian

About 

Penyuka jalan-jalan ini memiliki latar belakang pendidikan teknik dari Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus, Andri sempat bergabung dengan Total E&P Indonesie, Johnson&Johnson, Eximio Media dan Valadoo.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Speak Your Mind

*