Jalan-jalan ke Prague, Kota Tua di Eropa Timur yang Cantik

Traveling ke Eropa adalah impian bagi sebagian besar orang. Banyak orang yang tertarik akan sejarah dan kecantikan arsitektur di benua biru ini. Apabila mayoritas traveler banyak mengunjungi kota-kota ‘mainstream’ di Eropa seperti London, Paris dan Amsterdam, maka saya ingin memberikan satu destinasi alternatif yang tidak kalah menarik.

Prague adalah destinasi tersebut.

Prague atau biasa juga disebut dengan Praha, adalah ibukota dari Republik Ceko, sebuah negara di Eropa Timur yang kaya akan sejarah dan budaya Bohemia. Untuk jalan-jalan ke Prague, kamu dapat menggunakan berbagai alternatif transportasi seperti pesawat terbang maupun kereta api (apabila anda berangkat dari negara Eropa daratan).

Perlu diperhatikan juga bahwa biaya selama di Prague tidak menggunakan mata uang Euro, melainkan Czech Koruna. Akan tetapi, secara general harga-harga makanan dan tempat wisata di Prague relatif lebih murah dibandingkan negara Eropa lainnya, oleh karena itu anda tidak perlu terlalu banyak menukarkan Euro anda apabila ingin melanjutkan perjalanan anda ke negara Eropa lainnya.

Cara mencapai pusat kota Prague

Untuk anda yang datang ke Prague menggunakan pesawat ke Václav Havel airport, ada beberapa pilihan transportasi yang dapat digunakan. Pilihan yang paling cepat adalah menggunakan bus no.119 atau no.100.

jalan-jalan di prague - bus 119

source: http://www.pragueairport.co.uk/public-transport-from-to-the-airport/

Dengan bus no.119 ini anda akan berhenti di terminal terakhir bernama Dejvická, di mana anda harus pindah ke Metro line A untuk mencapai pusat kota (turunlah di stasiun Staroměstská apabila tujuan anda adalah Old Town Square). Apabila anda menggunakan bus no.100, anda akan berhenti di terminal Zlíčín dan melanjutkan dengan Metro Line B. Dengan Metro ini anda dapat turun di stasiun Můstek (Wenceslas Square) atau Florenc (terminal bus utama).

Tetapi apabila anda datang setelah jam 23.00, anda kemungkinan harus menggunakan kombinasi bus malam dan tram malam (karena public transport berhenti beroperasi sekitar jam 23.40 pm).

Untuk menggunakan bus tersebut menuju pusat kota anda harus membeli tiket bus terlebih dahulu di counter Prague Public Transport. Counter tersebut biasanya terdapat di area kedatangan airport Prague dan buka dari jam 07.00 – 22.00. Apabila anda datang setelah jam 22.00, anda harus membeli tiket dari supir bus dengan harga yang lebih mahal.

jalan-jalan ke Prague - public transport counter

source: http://www.pragueairport.co.uk/public-transport-from-to-the-airport/

Harga tiket bus tersebut adalah CZK 32 (dewasa) dan CZK 16 (anak-anak). Apabila anda membawa koper yang besar ketika jalan-jalan ke Prague, kemungkinan anda harus membayar tambahan sebesar CZK 16. Apabila anda tidak ingin repot, anda dapat membeli tiket day pass sebesar CZK 110 (24-hour pass) atau CZK 310 (3 day pass).

Beberapa obyek wisata apabila anda jalan-jalan ke Prague:

1. Prague Castle

Alamat: 119 08 Prague 1, Czech Republic

jalan-jalan ke Prague - Prague Castle

Beberapa tempat yang dapat dilihat di Prague Castle ini adalah St. Vitrus Cathedral, Lobkowicz Palace, dan prosesi Changing Guards. Karena tempat ini terletak di atas bukit, spot ini sangat strategis untuk mendapatkan view kota Prague yang cantik.

2. Charles Bridge

Alamat: Karlův most, 110 00 Praha 1, Czech Republic

jalan-jalan ke prague - charles bridge

Jembatan ini merupakan salah satu landmark kota Prague yang menghubungkan area Prague Castle dengan area Old Town. Jembatan ini sering dijadikan obyek foto dari atas Prague Castle bersama dengan jembatan-jembatan lain yang melintasi sungai Vlatava.

3. Old Town Square

Alamat: Staroměstské náměstí, 110 00 Praha 1, Czech Republic

jalan-jalan ke prague - old town square

Ini merupakan pusat kota Prague dan tempat mainstream untuk para turis. Di daerah ini kamu dapat menjumpai beberapa obyek wisata seperti Astronomical Clock maupun tempat-tempat makan (meskipun saya tidak merekomendasikan untuk makan di area ini karena harganya yang cukup mahal).

4. Astronomical Clock

Alamat: Staroměstské náměstí 1, 110 00 Praha 1, Czech Republic

jalan - jalan ke prague - astronomical clock

Biasa disebut juga sebagai Prague Orloj, jam raksasa ini merupakan daya tarik kota Prague yang terletak di Old Town Square. Jam yang didirikan sejak tahun 1410 ini merupakan astronomical clock tertua ketiga di dunia.

5. Rudolfinum

Alamat: Alšovo nábřeží 12, 110 00 Praha 1, Czech Republic

jalan-jalan ke prague - rudolfinum

Apabila anda pecinta musik, maka Rudolfinum wajib untuk anda kunjungi. Auditorium musikal ini merupakan ‘rumah’ bagi Czech Philharmonic Orchestra sejak tahun 1946 dan merupakan salah satu concert hall tertua di Eropa.

6. Na příkopě (Prague Shopping Street)

jalan-jalan di prague - Shopping

Untuk anda yang suka shopping, jalan ini sangat cocok untuk anda datangi. Berbagai macam toko-toko beserta tempat makan internasional dapat anda temui di jalan ini. Sambil berbelanja, anda dapat juga melihat landmark di daerah ini seperti Powder Tower atau Municipal House.

Apabila anda punya waktu lebih, notable spot yang bisa anda kunjungi adalah Jewish Quarter dan Dancing House. Jangan lupa juga untuk mencicipi berbagai macam makanan khas lokal seperti Goulash maupun Absinthe ice cream.

Lastly, kristal-kristal khas Bohemia yang cantik dapat anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga ataupun relasi anda sebelum meninggalkan Prague.

Selamat jalan-jalan ke Prague ! 😀

Please share if you find it useful :)Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+2Share on LinkedIn0
Andre Madian

About 

Andre adalah seorang digital marketer dan travel enthusiast.
Lulusan Teknik Industri ITB angkatan 2003 jurusan Teknik Industri, yang mempunyai passion di bidang startup dan teknologi.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Comments

  1. Ngileeer abiizz,
    indah bgt kotanya, jd pengen ksana

    • Wah wajib sih mba Dini jalan2 ke Prague,
      soalnya cantiknya kayak di fairy tale hehehe,…

      • Nelly Hutapea says:

        Buat ngiler banget…
        Kasih masukann dunk mas sebaiknya klo mo k Praha entry terbaik n terdekat darimana yah?
        Thanks

        • Halo Nelly,

          Iyaa, Prague ini memang bagus banget kotanya, serasa fairy tale bgt deh di sana atmosfernya hehe

          Kalau dari Indonesia saran saya entry masuk ke Eropa-nya lewat Amsterdam menggunakan Garuda Indonesia,
          dan setelah saya cek-cek dari Amsterdam bisa langsung connect ke Prague menggunakan budget airline Easyjet.

          Untuk lengkapnya bisa dicek menggunakan tools di Momondo.com

          semoga membantu :)

  2. wow… keren nih… Eropa emang surganya wisata yang seru banget… thanks infonya….

  3. Hi menurut kamu kota paling bagus apa di Eropa? saya berencana ke Eropa ber2 dgn teman saya, yang anti mainstream jg gapapa hehe. thanks!

    • Hi Tari,

      memilih yang paling bagus agak susah sih karena banyak yang cantik kotanya, tapi kalau bisa saya kasi rekomendasi:

      – Prague
      – Krakow
      – Bern
      – Berlin
      – Sevilla
      – Copenhagen
      – Malaga

      itu bukan berdasarkan urutan ya hehe

  4. Halooo mas, mas bilang di prague banyak banget tempat2 bersejarah. Aku mau nanya dari sisi pendidikan nih,
    Kampus disana yg recommended buat mahasiswa indonesia yg kepengen belajar & mendalami sejarah dimana ya ?

Speak Your Mind

*