Jalan-jalan ke Anfield, rumah dari Liverpool F.C.

Sekilas mengenai Liverpool F.C sebelum jalan-jalan ke Anfield.

Liverpool Football Club (LFC) merupakan salah satu tim papan atas di liga paling populer di dunia, English Premier League (EPL). Tim yang dikenal dengan julukan “The Reds” atau “The Kop” ini telah mengoleksi 18 titel juara liga, kedua terbanyak setelah rival utamanya, Manchester United (MUFC). LFC juga merupakan salah satu klub yang paling banyak memenangi European Champions League, sebanyak 5 kali.

jalan-jalan ke anfield 3

Banyak pemain kelas dunia telah bermain untuk LFC, seperti Kenny Dalglish, John Barnes, Ian Rush, Michael Owen, Robbie Fowler, Xabi Alonso, dan Luis Suarez. Dari sederet nama terkenal di LFC, Steven Gerrard merupakan yang pemain paling terkenal saat ini karena merupakan produk asli akademi LFC dan menjabat sebagai kapten klub . “You’ll Never Walk Alone” merupakan lagu resmi LFC yang dipakai oleh supporter saat memberi semangat pemain di lapangan. Dengan sejarah klub yang luar biasa seperti ini, fans liverpool wajib untuk jalan-jalan ke Anfield

Apa yang bisa dilihat saat jalan-jalan ke Anfield?

Kita bisa melakukan tour stadion Anfield untuk melihat sejarah dan fasilitas klub. Dimulai dari ruang interview pemain dan manajer, dressing room (ruang ganti) pemain, lapangan utama dan spot-spot bersejarah lainnya. Kita akan dipandu seorang guide yang akan menjelaskan secara detil sejarah klub serta hal-hal yang mungkin kita belum tahu sebelumnya mengenai LFC. Tour akan berlangsung selama sekitar 60 sampai 75 menit.

jalan-jalan ke anfield 4

jalan-jalan ke anfield 6

Selesai tour, kita juga bisa mengunjungi LFC store untuk membeli official merchandise sebagai souvenir. Beberapa item yang tersedia diantaranya adalah jersey resmi klub, jersey retro, gantungan kunci, plakat metal untuk hiasan dinding, sweater, jaket, dan lain-lain. Kita juga bisa membuat nama kita sendiri di baju yang kita beli di toko ini. Setelah membayar baju, bisa langsung ke counter khusus pembuatan nama. Biasanya jika tidak penuh, pembuatan nama bisa dilakukan dengan cepat, akan tetapi jika banyak antrian, pembuatan nama bisa memakan waktu antara 30-60 menit. Jika kita merupakan member resmi LFC, kita bisa mendapatkan diskon 10% ketika membeli merchandise.

jalan-jalan ke anfield 1

Berapa harga tiket dan bagaimana cara membelinya?

Untuk membeli tiket tour stadium dan museum, bisa langsung dilakukan di website resmi Liverpool F.C. (http://www.liverpoolfc.com/history/tour-and-museum/tour) . Ada banyak tipe tour yang bisa diikuti, akan tetapi normalnya tour yang mencakup stadion dan museum harganya sekitar £11 (di bawah 16 tahun/student/seniors) dan £17 (Dewasa).

jalan-jalan ke anfield 5

Salah satu alternatif tiket yang bisa dibeli adalah Rock n’ Goal (http://www.liverpoolfc.com/history/tour-and-museum/rock-n-goal) yang menggabungkan tour stadion Anfield dengan tour Beatles Story (museum Beatles) yang sama-sama terletak di kota Liverpool. Harga tiketnya berkisar antara £17.50 ((di bawah 16 tahun/student/seniors) dan £26.50 (dewasa).

Pembayaran tiket bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Bagaimana cara jalan-jalan ke Anfield?

Ada berbagai cara untuk pergi ke stadion Anfield, akan tetapi yang akan saya jelaskan adalah menurut pengalaman saya dan teman-teman saat pergi ke sana. Kebetulan kami membeli paket Rock n’Goal dan kami mengunjungi Beatles Story terlebih dahulu yang terletak di dekat City Center (Albert Dock).

Jalan-jalan ke Anfield - Map

jalan-jalan ke anfield 2

Dari City Center / Albert Dock, kami menggunakan bus nomor 26 yang berhenti persis di depan Anfield. Kita bisa menaiki bus ini dari stasiun / halte bus yang terletak di sebelah hotel Hilton. Biayanya sekitar £2 – £3 per orang untuk sekali jalan dan tiket dapat dibeli di busnya langsung. Untuk kembali ke city center atau ke stasiun Liverpool Lime Street, kami menggunakan bus nomor 17 yang bisa dinaiki persis di seberang stadion Anfield dengan biaya yang tidak jauh berbeda.

Jadi, sudah siap jalan-jalan ke Anfield ?

Please share if you find it useful :)Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+2Share on LinkedIn0
andri madian

About 

Penyuka jalan-jalan ini memiliki latar belakang pendidikan teknik dari Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus, Andri sempat bergabung dengan Total E&P Indonesie, Johnson&Johnson, Eximio Media dan Valadoo.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Speak Your Mind

*