Wisata di Andalusia: Pesona Malaga, Sevilla dan Cordoba (Overview)

Hola!

Itulah kata sapaan yang akrab didengar ketika kami berlibur di salah satu daerah penting di Spanyol yaitu kawasan Andalusia. Dari kata sapaannya saja, kami sudah bisa merasakan betapa menyenangkan dan ramahnya penduduk Spanyol. Ditambah lagi dengan kelezatan makanan dan juga kecantikan tempat-tempat wisata yang ada di Andalusia, semakin menambah kekaguman kami saat melakukan wisata di Andalusia.

Biasanya turis mancanegara, termasuk dari Indonesia, ingin pergi ke kota Madrid atau Barcelona jika mengunjungi Spanyol. Sebagian besar alasannya adalah karena kedua kota tersebut memang lebih terkenal dibandingkan kota-kota di Andalusia. Kehadiran 2 klub sepakbola paling terkenal di dunia di kota-kota tersebut turut mendongkrak kepopulerannya sebagai destinasi wisata. Padahal secara sejarah dan keindahan, kota-kota di Andalusia memiliki daya tarik yang mungkin melebihi kedua kota tersebut.

Apa itu Andalusia?

Andalusia merupakan sebuah kawasan di sebelah selatan Spanyol (dekat dengan Maroko) yang dahulu dikuasai oleh umat Muslim kuno, atau disebut bangsa Moors. Bangsa ini dahulu datang dari Maroko dan menginvasi daerah peninsula Iberia (bagian Barat Daya Eropa) yang pada akhirnya disebut “Al-Andalus”.  Beberapa propinsi yang terkenal di Andalusia adalah Cordoba, Cadiz, Granada, Sevilla, dan Malaga. Beberapa kota juga terkenal sebagai destinasi wisata yaitu Marbella (bagian dari Malaga) dan juga Ronda.

Secara garis besar, apa saja yang kami lakukan saat melakukan wisata di Andalusia?

Kami pergi wisata di Andalusia selama 8 hari 7 malam dan mengunjungi 3 propinsi yaitu Malaga, Sevilla dan Cordoba. Kami tadinya  juga ingin mengunjungi Granada akan tetapi kami berpikir waktunya akan terlalu sempit dan mengurangi kenikmatan traveling kami. Mudah-mudahan kami masih memilki kesempatan di lain waktu untuk mengunjungi Granada karena di sana terdapat Masjid Al-Hambra yang juga sangat terkenal.

Wisata di Andalusia_Peta Perjalanan

Kami berangkat dengan menggunakan Ryan Air dari bandara Eindhoven (Belanda) menuju Malaga. Perjalanan memakan waktu sekitar 2.5 – 3 jam dan karena pada waktu sampai di Malaga sudah malam, kami tidak sempat jalan-jalan terlalu jauh. Karena sudah malam dan belum familiar dengan daerahnya, kami minta dijemput di airport oleh host kami untuk diantar ke tempat penginapan (dengan tambahan biaya sayangnya). Hari berikutnya kami mengunjungi Alcazaba, Gibralfaro, Malaga Cathedral dan Port of Malaga. Keempat objek wisata ini merupakan objek wisata yang kami rasa wajib untuk didatangi di Malaga. Pada hari ketiga kami mengunjungi kota Marbella yang berjarak sekitar 1 jam dari Malaga menggunakan bus. Marbella terkenal akan pantainya, akan tetapi sayangnya saat itu pantainya sedang sepi karena masih musim dingin. Akan tetapi suasana kotanya masih membuat worth it untuk dikunjungi. Banyak artis Hollywood juga memilki villa di Marbella untuk menikmati liburan musim panas.

Wisata di Andalusia: Malaga Overview

Hari keempat, kami pergi ke Sevilla (stasiun Santa Justa) menggunakan kereta dari stasiun Maria Zambrano Malaga dan menempuh waktu perjalanan sekitar 2 – 3 jam. Kami pergi pagi-pagi sekali supaya bisa memiliki waktu untuk jalan-jalan di Sevilla pada hari yang sama. Dari stasiun Santa Justa ke tempat menginap, kami menggunakan taksi karena cukup murah dan tidak ada transportasi lain yang praktis. Setelah bertemu host dan check-in, kami mengunjungi beberapa objek wisata yaitu Metropol Parasol,  jembatan Puente de Isabel IICity Center serta mencoba beberapa tapas bar yang direkomendasikan oleh host kami di Sevilla. Tapas-tapasnya memilki rasa yang sangat menggoyang lidah, tapi sayang harganya memang agak di atas rata-rata.

Hari berikutnya kami pergi ke Cordoba dengan menggunakan kereta dan menempuh waktu sekitar 1 jam. Cordoba juga merupakan propinsi yang penting  karena pernah menjadi ibukota Andalusia. Di Cordoba terdapat peninggalan sejarah berupa bangunan perpaduan Masjid dan Cathedral, yaitu Mezquita-Catedral de Cordoba. Dari stasiun Cordoba ke Mezquita-Catedral bisa menggunakan bus nomor 3, turun di Calle San Fernando dan dilanjutkan dengan jalan kaki selama 10 menit. Selain itu kami juga melihat Roman Bridge, Torre de la Calahorra, dan mencoba salah satu makanan khas Cordoba yaitu Salmorejo.

Wisata di Andalusia: Cordoba Overview

Kami pulang ke Sevilla pada hari yang sama lalu melanjutkan keliling kota Sevilla di hari berikutnya. Pada kesempatan kedua mengelilingi Sevilla ini, kami mengunjungi Cathedral Sevilla yang sangat megah dan terdapat makam penemu benua Amerika di dalamnya, Christopher Columbus. Berikutnya kami juga mengunjungi La Giralda (satu tempat dengan Cathedral), Royal Alcazar, Plaza Espana, Universidad de Sevilla dan daerah Santa Cruz. Esok harinya kami sudah harus kembali ke Malaga dan mengitari kota tersebut untuk terakhir kalinya sebelum pulang ke Belanda. Pada kesempatan ini, kami mengunjungi museum Carmen Thyssen, museum Pablo Picasso (pelukis terkenal ini ternyata berasal dari Malaga loh!) dan juga pantai Malagueta (Playa de Malagueta). Untuk pergi ke airport dari city center Malaga, kami menggunakan bus A1 yang merupakan express line ke Aeropurto de Malaga (biaya 3 euro) dari Alameida Principal .

Wisata di Andalusia: Sevilla Overview

Secara umum, Malaga memiliki kekhasan di lokasinya yang berada di tepi pantai dan “desa-desa” sekitarnya yang cocok dikunjungi saat musim panas. Sevilla memiliki kota yang sangat cantik dan juga bangunan-bangunan bersejarah yang patut untuk dikunjungi. Cordoba memiliki sejarah yang panjang karena pernah menjadi ibukota Andalusia serta memiliki bangunan unik yaitu perpaduan masjid dan katedral.

Oh iya, sebagai keterangan tambahan:

  • Selama wisata di Andalusia, kami menginap di rumah penduduk lokal dengan menggunakan jasa AirBnB. Dengan layanan online ini, kami bisa menemukan tempat menginap yang lumayan secara fasilitas & lokasi dengan harga yang masih wajar. Keuntungan tambahan adalah kita bisa mendapat local insight dari host kita mengenai tempat-tempat atau restoran yang recommended tetapi tidak diketahui oleh banyak turis.
  • Untuk pergi antar kota selama wisata di Andalusia, kami menggunakan kereta yang tiketnya sudah dibeli terlebih dahulu secara online. Tiket dapat dibeli di website Renfe dan harganya lebih murah dibandingkan jika membeli langsung di tempat. Perlu diperhatikan bahwa beberapa bagiannya menggunakan bahasa Spanyol sehingga harus menggunakan bantuan layanan penerjemah bahasa seperti Google Translate.

Untuk keterangan lebih detail mengenai wisata di Andalusia yang kami lakukan, tunggu beberapa artikel berikutnya yah :)

Please share if you find it useful :)Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+4Share on LinkedIn0
andri madian

About 

Penyuka jalan-jalan ini memiliki latar belakang pendidikan teknik dari Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus, Andri sempat bergabung dengan Total E&P Indonesie, Johnson&Johnson, Eximio Media dan Valadoo.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Comments

  1. Nice! Pas banget gw selasa besok mau ke Malaga. Great blog, ari :)

  2. siang,
    saya dan 2 orang teman lagi rencananya mau liburan ke eropa selama 2 minggu bulan agustus 2014 nanti. tapi masih bingung mulai dari kota apa, dan bingung rutenya kemana mana aja. karena maunya satu rute yang searah dan menarik. mohon advicenya…. thanks!

    • Halo Merry!

      Wah mau summer holiday yah? hehe..
      Mmm.. kira-kira udah tau entry pointnya (negara masuknya) dari mana?

      Biasanya sih kalau di Schengen, banyak yang memilih entry point dari Belanda (Amsterdam).
      Untuk 2 minggu (14 hari) mungkin hanya bisa maksimal ke 4-5 negara. 1 negara minimal sekitar 3 hari supaya bisa menikmati liburan dan tidak terburu-buru.

      Saran saya sih, misalnya memang masuk dari Belanda:

      Alternatif 1 – Jalur “Mainstream”:
      -Day 1: Arrival di Belanda
      -Day 2-4: Pergi ke Spanyol, ke kota Barcelona-Madrid atau ke Andalusia (Malaga-Sevilla-Cordoba/Granada)
      -Day 5-7: Prancis (Paris)
      -Day 8-9: Swiss (Bern/Zurich)
      -Day 10-12: Jerman (Munich-Berlin)
      -Day 13-14: Belanda (Amsterdam-DenHaag/Rotterdam)

      Alternatif 2 – Jalur “Alternatif”:
      -Day 1: Arrival di Belanda
      -Day 2-4: Pergi ke Yunani (Athens-Santorini)
      -Day 5-7: Italia (Roma-Milan)
      -Day 8-12: Austria (Vienna) + Rep. Ceko (Prague)
      -Day 13-14: Belanda (Amsterdam-DenHaag/Rotterdam)

      Dua alternatif di atas saya susun supaya perjalanannya bisa bergerak dari “selatan” ke “utara”.
      Mudah-mudahan bisa memberi gambaran.. dan ini hanya ide saya saja.. silahkan dikombinasikan atau diubah sesuai keinginan :)

      Untuk transportasi, jika ingin merasakan experience lebih, bisa menggunakan kereta tetapi akan memakan waktu lebih lama.
      Pesawat seperti Trans Avia, Easy Jet, Ryan Air juga cukup murah untuk travel antar negara di Eropa :)

  3. Tita Taufiq says:

    Ulasannya cukup menarik…. posisi saya skrng lg di madrid smp tgl 17 juni. Mohon saran bro.. ke wisata andalusia atau ke paris yg lbh disarankan. Trmks

    • Hi Tita,
      Maaf baru sempet balas, saya kelewatan messagenya karena sedang sibuk beberapa minggu kemarin 😀

      Tp saya yakin kok meskipun gak sempet dapet input dari saya, pasti liburannya menyenangkan :)

      • Haloo.. mas, salam kenal.. september bsk sy mau ada acara di madrid dan rencananya mau jln ke cordoba dan barcelona.. kira2 pilihan transportasi yg enak apa ya? Dan klo wktnya msh cukup pgn ke paris ato italy, mohon sarannya.. krn saya hanya diksh wkt utk jln2 4 hari .. terimakasih sblmnya 😉

        • Hi Tina,

          salam kenal juga 😀
          Wah asik juga yah ke Madrid,.. saya juga belum pernah haha..
          Kalau traveling antar kota di Spanyol bisa pakai kereta dari Renfe.. bisa dilihat jadwal dan biayanya di http://www.renfe.com/EN/viajeros/index.html

          Dari madrid (tengah) ke barcelona (agak utara) dan ke cordoba (selatan) lumayan jauh jaraknya.. mungkin harus dilihat lagi kira2 cukup atau enggak waktunya.. mungkin lebih baik 2 kota saja.. baru pindah negara..

          Nah kalau pindah negara mungkin lebih baik menggunakan pesawat agar hemat waktu.. pesawat seperti Ryan Air, Trans Avia, Wizz Air, atau Easy Jet bisa menawarkan harga murah2 seperti Air Asia 😀

          Semoga membantu ya :)

  4. Hai, mo tanya. Kalo dari barcelona ke granada ada jalur kereta cepat ga ya? berapa jam kalo pake kereta?

    • Hi Yuli,

      maaf sekali baru sempat dilihat commentnya.
      kebetulan admin travescape sedang disibukkan dengan hal lain sehingga tidak ada waktu untuk update websitenya

      I hope you had good time in spain :)

  5. Mas Ari mohon sarannya. Kami ingin ke Spanyol dan tempat-tempat yg ingin dikunjungi adalah alhamra toledo,kordoba malaga dan Madrid apakah memungkinkan dlm waktu 5 hari? Dan sebaiknya kita menginap dimana dan kota pertama kita kunjungi yang maNa? Kami berangkat dari Swiss. Terimakasih sebelumnya

    • Hi Yuli,

      maaf sekali baru sempat dilihat commentnya.
      kebetulan admin travescape sedang disibukkan dengan hal lain sehingga tidak ada waktu untuk update websitenya

      I hope you had good time in spain :)

  6. wah, mana nih artikel lanjutannya 😀

Speak Your Mind

*