Jalan-Jalan di London Menggunakan Big Bus Tour

Hi travelers,

Akhir tahun kemarin, kami menyempatkan diri berlibur ke salah satu kota paling populer di dunia, London. Berhubung ini pertama kalinya kami jalan-jalan di London, banyak sekali tourist spot yang ingin kami datangi tetapi kami belum tahu mengenai transportasi dan berapa biaya yang harus dikeluarkan di sana. Salah seorang teman kami menyarankan untuk menggunakan salah satu tour bus yang terkenal yaitu Big Bus Tour.

Jalan-Jalan di London - Big Bus Map

Big Bus Tour ini merupakan layanan bus keliling kota yang dikhususkan untuk para turis. Layanan Big Bus Tour ini ada di beberapa kota besar di dunia, di antaranya adalah di Dubai, Paris, Hongkong, Shanghai, Sydney, Washington DC, dan tentunya London. Keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan Big Bus Tour diantaranya adalah:

  • Rute yang ditempuh melalui semua tourist spot utama di kota London seperti Big Ben, Westminster Abbey, Tower of London, Tower Bridge, London Eye, Buckingham Palace, Parliament Square, dll. Jadi tidak perlu repot-repot lagi memikirkan cara pergi ke semua tempat ini, terutama bagi yang pertama kali jalan-jalan di London.
  • Adanya system Hop On dan Hop Off  untuk jalan-jalan di London. Dengan system ini, kita dapat naik bus dari semua tempat pemberhentian Big Bus di masing-masing tourist spot dan dapat turun pula di setiap pemberhentiannya. Busnya lewat setiap 15 menit dan untuk setiap naik-turun bus tidak dikenakan biaya tambahan selama masih dalam periode berlakunya tiket.
  • Selain Bus, kita juga bisa menggunakan Cruise dari Westminster Pier/ Tower of London Pier ke Greenwich. Cruise ini sangat menarik karena kita akan memiliki kesempatan untuk mengarungi sungai Thames dan berkunjung ke Greenwich yang merupakan pusat waktu dunia (Prime Meridian of the World). Greenwich ini memiliki pemandangan yang indah dan sempat menjadi lokasi shooting film Thor 2.

Jalan-jalan di London - spots

Big Bus Tour ini juga memiliki aplikasi untuk system operasi ios dan android yang bisa diunduh secara gratis. Aplikasi ini bisa menunjukkan jalur tempat-tempat wisata yang dilewati oleh bus (tempat hop on – hop off) serta keterangan mengenai tempat-tempat wisata tersebut.

Jalan-jalan di London - apps

Bagaimana cara membeli tiket Big Bus Tour untuk jalan-jalan di London?

Untuk biayanya sendiri, ada beberapa macam:

  1. 24 hour exclusive (dewasa £18, anak-anak £10, keluarga** £46)
  2. 24 hour – 2nd day free* (dewasa £22, anak-anak £11, keluarga** £55)
  3. 48 hour (dewasa £28, anak-anak £13, keluarga** £72)

*Untuk paket “2nd day free”, tambahan hari hanya bisa dipakai di hari setelah tanggal hari pertama. Misalkan tanggal hari pertama adalah 1 Januari 2014, maka hari keduanya harus tanggal 2 Januari 2014. Berbeda dengan paket 48 hour dimana kita bisa menentukan tanggal untuk hari kedua (tidak perlu langsung setelah hari pertama).

** Paket keluarga terdiri dari 2 orang dewasa dan 2 orang anak.

Tiket Big Bus dapat dibeli secara online di websitenya lalu diprint dan dibawa untuk ditunjukkan ke staff Big Bus sebelum naik ke Bus. Staff Big Bus akan memberikan tiket untuk naik ke bus yang berlaku sesuai tanggal yang ditetapkan saat pembelian. Pembayaran secara online dapat dilakukan menggunakan kartu kredit atau bisa juga menggunakan uang tunai jika melakukan pembelian langsung di tempat. Harap diperhatikan bahwa harga online akan lebih murah dibandingkan jika membeli langsung di tempat.

Selamat mencoba Big Bus dan selamat jalan-jalan di London.

Please share if you find it useful :)Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+4Share on LinkedIn3
andri madian

About 

Penyuka jalan-jalan ini memiliki latar belakang pendidikan teknik dari Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus, Andri sempat bergabung dengan Total E&P Indonesie, Johnson&Johnson, Eximio Media dan Valadoo.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Speak Your Mind

*