Destinasi Wisata Unik di London

London merupakan salah satu kota di dunia yang menarik bagi wisatawan, tidak terkecuali wisatawan dari Indonesia. Bagi wisatawan yang baru pertama kali ke London, sudah pasti wajib mendatangi beberapa tempat wisata seperti London Eye, Westminster Bridge, Tower Bridge, Buckingham Palace, Big Ben, dll. Tempat-tempat wisata tersebut dapat dijangkau dengan mudah menggunakan fasilitas tour bus seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya.

Jika semua tempat “wajib” tersebut sudah didatangi, wisatawan bisa juga mendatangi beberapa destinasi wisata unik seperti yang saya dan teman-teman saya lakukan ketika berada di sana. Tempat-tempat ini mungkin menarik bagi sebagian orang (terutama anak-anak muda), tetapi bisa kurang menarik bagi orang lain.

Tujuh Destinasi Wisata Unik Di London

1. Emirates Stadium – Arsenal FC (Arsenal Station)
Bagi penggemar sepak bola, tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama Arsenal. Klub sepak bola asal London ini merupakan klub papan atas yang memiliki sejarah panjang di persepakbolaan Inggris dan memiliki banyak pemain legendaris seperti Thierry Henry, Dennis Bergkamp, Ian Wright, dan juga Tony Adams.

Destinasi Wisata Unik di London - Emirates Stadium

Emirates Stadium merupakan salah satu stadion terbaru di Inggris dan sangat modern. Wisatawan bisa melakukan tour stadion dan juga berbelanja merchandise Arsenal. Jika ingin menonton pertandingannya, sebaiknya menjadi member terlebih dahulu dan membeli tiket secara online.

Salah satu destinasi wisata unik ini dapat dicapai menggunakan tube dan terletak di dekat stasiun yang namanya juga sama dengan nama klubnya, stasiun Arsenal. Untuk info lebih lanjut, bisa lihat di artikel kami mengenai Emirates Stadium.

2. Stamford Bridge stadium – Chelsea FC (Fulham Broadway Station)
Salah satu klub papan atas lainnya asal London yaitu Chelsea. Performa klub ini melonjak pesat sejak diambil alih oleh juragan minyak asal Russia, Roman Abrahamovich. Dengan kekuatan finansialnya, dia merubah Chelsea menjadi tim yang sangat disegani. Pemain-pemain kelas dunia seperti Frank Lampard, Eden Hazard, Oscar didatangkan untuk dapat bersaing di liga paling ketat di Eropa.

Destinasi Wisata Unik di London - Stamford Bridge Stadium

Sama seperti Arsenal, wisatawan juga bisa melakukan tour stadion, berbelanja merchandise dan menonton pertandingan (dengan cara menjadi member terlebih dahulu). Stamford Bridge stadium dapat dicapai dengan tube dan turun di stasiun Fulham Broadway.

tubemap-Fulham Broadway

3. Carnaby Street (Oxford Circus Station)
Destinasi Wisata Unik di London - Carnaby Street

Carnaby Street merupakan salah satu jalan yang terkenal akan fashionnya di London sehingga pantas masuk sebagai salah satu destinasi wisata unik di London. Di sepanjang jalan, wisatawan dapat menemukan brand-brand fashion terkenal. Beberapa brand diantaranya seperti Cheap Monday, Evisu, Levi’s, Muji, Onitsuka Tiger, Puma, dan Fred Perry. Wisatawan dapat merasakan suasana atau ambience yang berbeda ketika di berjalan di Carnaby Street. Bagi penggemar sepakbola, dapat juga berkunjung ke outlet Soccer Scene yang memiliki koleksi cukup lengkap. Carnaby Street dapat dicapai denga tube dan turun di stasiun Oxford Circus.

Carnaby Street  London  United Kingdom

4. Harry Potter Shop & Platform 9 3/4 (King’s Cross station)
Salah satu novel remaja terkenal, Harry Potter, juga berasal dari Inggris. Di novelnya, Harry Potter dan teman-temannya pergi ke sekolah Hogwarts dengan menaiki kereta Hogwarts Express di stasiun King’s Cross, London. Uniknya, peron (platform) yang mereka tuju di stasiun adalah Platform 9 3/4 yang sebenarnya tidak ada, dan hanya bisa diakses oleh murid-murid Hogwarts.

Destinasi Wisata Unik di London - King's Cross

Di destinasi wisata unik ini, wisatawan dapat berfoto di depan replica trolley dan tembok Platform 9 3/4 sehingga terlihat seperti murid Hogwarts yang akan memasuki platform tersebut. Tidak jauh dari Platform 9 3/4 tersebut, ada toko merchandise Harry Potter yang menjual replika sweater, dasi dan tongkat sihir murid-murid Hogwarts. Di took ini pula wisatawan dapat membeli foto yang diambil di Platform 9 3/4. Perlu diperhatikan bahwa harga merchandise dan foto tersebut agak mahal sehingga wisatawan perlu menyiapkan dana lebih.

tubemap-Kings Cross

5. Sherlock Holmes Museum (Baker Street station)
Salah satu karakter terkenal yang juga berasal dari London, yaitu detektif Sherlock Holmes. Detektif yang unik tetapi ulung ini dikisahkan memiliki kantor sekaligus rumah di 221b Baker Street. Kita dapat mendatangi museum Sherlock Holmes di Baker Street yang berisi setting apartment sesuai gambaran di novel dan filmnya. Wisatawan juga bisa membeli merchandise seperti topi, pipa hisap, dan pernak-pernik Sherlock Holmes lainnya untuk kenang-kenangan.

Destinasi Wisata Unik di London - Baker Street

Destinasi wisata unik ini buka setiap hari dari jam 09.30 pagi sampai jam 18.00 sore dan dapat diakses dengan harga £8 untuk dewasa serta £5 untuk anak-anak. Sebagai saran, sebaiknya pergi agak awal untuk masuk ke museum ini karena antriannya sangat panjang. Untuk mencapainya, wisatawan bisa menggunakan tube dan turun di stasiun Baker Street.

tubemap-baker street

6. Abbey Road – The Beatles (St. John Wood station)
Meskipun The Beatles berasal dari kota Liverpool, band legendaris ini juga memilki sejarah di kota London. Salah satu cover albumnya mengambil setting di jalan Abbey Road yang terletak di kota London. Cover tersebut sangat iconic dan penggemar The Beatles sering mereplikasi foto cover album tersebut dengan perjalan di Zebra Cross Abbey Road (seperti yang terlihat di cover albumnya). Perlu diperhatikan bahwa jalan Abbey Road masih dipergunakan oleh kendaraan untuk melintas, karena itu diperlukan kesabaran dan timing yang pas untuk mengambil foto di destinasi wisata unik ini.

Destinasi Wisata Unik di London - Abbey Road

Untuk mencapai Abbey Road, wisatawan dapat menggunakan tube dan turun di stasiun St. John Wood. Keluar dari stasiun, wisatawan harus mengambil jalan Grove End Road dan berjalan sampai menemukan Abbey Road. Di stasiun St. John Wood, terdapat toko merchandise The Beatles apabila wisatawan tertarik untuk membeli kenang-kenangan.

7. Dr. Who’s Tardis (Earl’s Court station)
Destinasi Wisata Unik di London - Dr Who's Tardis

Dr. Who merupakan karakter fiksi dari film dengan nama yang sama. Dikisahkan Dr. Who merupakan alien yang berjuang untuk menyelamatkan alam semesta dari pihak-pihak yang ingin menghancurkannya. Dr. Who memiliki sebuah kapal ruang angkasa (spaceship) yang berbentuk Tardis (sebuah kotak biru tempat menghubungi polisi di Inggris). Tardis ini bisa menjelajahi ruang dan waktu dan sangat iconic terutama bagi penggemar serialnya. Bagi wisatawan yang merupakan penggemar berat Dr. Who, dapat menjumpai satu-satunya Tardis (setidaknya yang saya tahu) di luar stasiun tube Earl’s Court. Karena susahnya menemukan Tardis ini, kami memasukkan lokasi ini sebagai salah satu destinasi wisata unik di kota London.

tubemap-Earls Court

Oh iya untuk melihat jalur tube secara lengkap, bisa mengunjungi website Transport for London. Ada baiknya membeli dan menggunakan Oyster card untuk berpergian dengan tube. Selain praktis, Oyster card juga memilki paket-paket yang bisa disesuaikan, misalnya paket mingguan yang jatohnya lebih murah.

Kira-kira itulah beberapa destinasi wisata unik di kota London yang kami datangi, apakah ada destinasi wisata unik di London lainnya yang bisa kamu rekomendasikan?

Please share if you find it useful :)Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+3Share on LinkedIn2
andri madian

About 

Penyuka jalan-jalan ini memiliki latar belakang pendidikan teknik dari Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus, Andri sempat bergabung dengan Total E&P Indonesie, Johnson&Johnson, Eximio Media dan Valadoo.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Comments

  1. rini candra says:

    Thx blognya sy agustus 2014 akan keliling uk

Speak Your Mind

*