Tips Mengunjungi Arsenal Training Ground

Datang ke stadium sepakbola (seperti Emirates Stadium) dan menonton pertandingan sepakbola adalah hal wajib bagi para penggemar si kulit bundar. Tapi apakah yang membedakan kamu dengan fans sepakbola lain? Tentu saja apabila kamu bisa bertemu langsung dengan pemain idola kamu!

Sebelum matchday Arsenal, saya sudah berniat untuk menyambangi tempat latihan Mesut Ozil dan kawan-kawan yang ternyata letaknya berada di luar kota London tepatnya di Bell Ln, London Colney, Hertfordshire WD7 9AD (bisa cek di Google Maps untuk letak tepatnya).

Untuk mencapai training ground dari tim Arsenal ini, kamu harus mengeluarkan effort yang cukup lumayan. Karena letaknya yang jauh, kamu harus naik kereta terlebih dahulu ke stasiun yang bernama Potter’s Bar (ini bukan bar tempat minum yah btw hehehe). Dan setelah itu kamu harus naik melanjutkan perjalanan menggunakan bus untuk mencapai London Colney. Saya berangkat naik kereta pada waktu itu dari Kings Cross Station (seperti bisa dilihat pada contoh di bawah), tapi kamu bisa cek di Google Maps apabila kamu ingin berangkat dari stasiun lain dan pada waktu yang berbeda dari yang saya lakukan.

Arsenal Training Ground - Lokasi

 

Arsenal Training Ground - Langkah

Di rute yang saya jalani, bus yang saya tumpangi berhenti di bus stop bernama London Colney, Bell Lane (N-Bound). Dari sini saya harus berjalan sekitar 10 menit lagi untuk mencapai training ground Arsenal. Dari bus stop ini agak tricky untuk mencapai training ground Arsenal karena tidak ada petunjuk yang jelas maupun papan nama ‘Arsenal Training Ground’ dan semacamnya. Apabila kamu menemukan sekumpulan orang berdiri memakai atribut Arsenal berdiri di depan gerbang , maka kamu telah menemukan training ground tersebut. Kami kebetulan bertemu dengan fans Arsenal dari Jepang yang datang jauh-jauh untuk bertemu dengan pemain idola mereka (Ryo Miyaichi, yang kebetulan juga berkewarganegaraan Jepang).

Arsenal Training Ground - Fans

Berbeda dengan tim lain, Arsenal menerapkan aturan ketat bagi para pemainnya untuk tidak berhenti di depan gerbang training ground. Hal ini juga diperkuat dengan adanya ‘bouncers’ yang berjaga di depan gerbang (biasanya minimum 2 orang). Tapi jangan takut dengan hal ini, karena para pemain biasanya mau melanggar aturan dari klub-nya untuk para fans setia-nya yang rela datang jauh-jauh ke training ground.

Kapten klub Thomas Vermaelen dan Mikel Arteta adalah contoh pemain yang pasti berhenti di depan gerbang training ground untuk para fans-nya. Sedangkan Mesut Ozil agak sedikit susah untuk berhenti karena mungkin adanya kendala bahasa (Ozil baru bergabung dengan Arsenal awal musim ini, jadi kemungkinan masih beradaptasi dengan kultur dan bahasa di EPL).

Ada 2 hal yang bisa kamu lakukan ketika mobil pemain berhenti: minta tanda tangan atau berfoto bersama. Saya memilih hal yang kedua, yaitu berfoto bersama, karena menurut saya tanda tangan bisa hilang dan para pemain membutuhkan effort lebih untuk menulis satu persatu. Sedangkan foto bisa dilakukan dengan cepat dan bisa kita simpan dan share di social media seperti Facebook, Twitter ataupun Flickr.

Pada saat saya datang, kebetulan hari itu bertepatan dengan tanggal 31 Desember 2013, yang berarti malam itu adalah New Year’s Eve. Saya pikir Arsenal tidak ada latihan, tetapi karena tanggal 1 Januari-nya ada pertandingan melawan Cardiff City, latihan tetap dilakukan. Sayangnya hari itu cuaca London sedang hujan, sehingga banyak pemain yang tidak mau berhenti dan membuka kaca. Saat itu saya berpikiran, “wah rugi besar nih jauh-jauh datang dan menunggu berjam-jam tapi gak ada hasil”. Tapi untungnya ketika hujan sudah reda sedikit ada beberapa pemain yang mau berhenti untuk kami. Di antaranya adalah Bacary Sagna (Right Back), Kieran Gibbs (Left Back) dan Chuba Akpom (Arsenal U-21 Forward and Captain).

Arsenal Training Ground - Bacary Sagna

Arsenal Training Ground - Chuba Akpom

Arsenal Training Ground - Kieran Gibbs

 

Tips & Trick di Training Ground Arsenal

  • Prioritas, tentukan prioritas kamu, apakah ingin tanda tangan atau foto bersama, karena pemain hanya punya waktu sebentar untuk bertemu dengan kamu. Just pick one!
  • Tarik Perhatian, gunakan atribut Arsenal se-‘wah’ mungkin (seperti jersey, scarf, dll) untuk menarik perhatian para pemain dan menunjukkan bahwa kamu adalah fans fanatik dari Arsenal.
  • Cari Informasi, ajak ngobrol ‘bouncer’ / penjaga yang ada di gerbang training ground Arsenal. Terkadang kamu harus memfilter informasi yang kamu dapat dari para bouncers Arsenal, karena tugas mereka adalah meminimasi fans yang datang ke training ground, jadi kamu pasti disarankan untuk menunggu pemain di stadium saja (dimana pemain lebih susah ditemukan dibandingkan jika kamu datang langsung ke training ground)
  • Fans Lain, kalau bisa, dekati fans-fans Arsenal lain yang ada di tempat, karena mereka mungkin statusnya sudah ‘veteran’ dalam mengumpulkan tanda tangan pemain dan punya tips yang berguna.
  • Cuaca, di kala musim hujan, sebaiknya kamu mengurungkan niat untuk datang ke training ground Arsenal ini, karena jarang pemain mau membuka kaca mobilnya di saat hujan.
  • Sabar, saran yang paling klise tapi paling penting. Menunggu dengan ketidakpastian memang tidak enak, tetapi kesabaran dan niat kamu untuk bertemu para pemain Arsenal akan diuji di sini

Akhir kata, saya pulang dengan rasa puas karena bertemu langsung dan foto bareng dengan para pemain Arsenal yang selama ini saya lihat hanya di TV. Sungguh sebuah pengalaman unik yang saya dapatkan untuk menghabiskan akhir tahun 2013!

Jadi apakah kamu cukup niat untuk bertemu dengan pemain tim favorit kamu? =)

Please share if you find it useful :)Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+3Share on LinkedIn0
Andre Madian

About 

Andre adalah seorang digital marketer dan travel enthusiast.
Lulusan Teknik Industri ITB angkatan 2003 jurusan Teknik Industri, yang mempunyai passion di bidang startup dan teknologi.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Comments

  1. Panca Yudha Kurniawan says:

    Great tips! Ke gooners pub gak? Katanya ada pub khusus untuk fans Arsenal.

  2. kerennnn postingannya 😀
    baca cerita tentang euro trip disini yuk http://enjoybackpacker.blogspot.com/
    salam kenal 😉

Speak Your Mind

*