Jalan-Jalan di Belanda menggunakan OV Chipkaart

Hi travelers! apa kabarnya? sudah lama sejak saya terakhir menulis blog. Saat ini saya sedang kuliah di Belanda sehingga dua bulan kemaren waktu saya tersita untuk proses pindah ke Belanda, penyesuaian dengan proses belajar disini dan ujian.

Mumpung saya di sini, saya ingin membagi cerita-cerita jalan-jalan di Belanda (atau Negara Eropa lainnya) dan tips-tips yang mungkin berguna bagi travelers yang akan berlibur ke Eropa.

Ketika saya sampai di Belanda, ada 3 hal yang menjadi fokus utama saya yaitu:

  1. Makanan
  2. Transportasi (untuk jalan-jalan di Belanda)
  3. Konektivitas (Internet, Telepon, dll)

Di artikel kali ini, saya ingin lebih spesifik membahas mengenai transportasi, khususnya mengenai transportasi umum untuk jalan-jalan di Belanda. Di negara-negara maju seperti di Eropa, umumnya tersedia berbagai macam transportasi umum yang sangat bagus dan mudah untuk digunakan. Di Belanda, kita dapat menggunakan tram, bus, kereta, metro/subway, dan kapal (boat). Untuk menggunakan semua moda transportasi umum ini, kita cukup dengan memiliki sebuah kartu elektronik bernama OV Chipkaart.

OV Chipkaart mempermudah Jalan-Jalan di Belanda

Ada dua macam OV Chipkaart untuk jalan-jalan di Belanda: Anonymous dan Personal. Bagi traveler yang hanya akan jalan-jalan di Belanda dan tidak menetap untuk waktu yang lama, bisa menggunakan OV Chipkaart Anonymous karena dapat langsung dibeli di stasiun kereta atau di mesin-mesin penjual OV Chipkaart. Bagi orang-orang yang menetap lama di Belanda (contohnya saya yang studi di sini), bisa membeli OV Chipkaart Personal.

Anonymous OV Chipkaart

Anonymous OV Chipkaart

Personal OV Chipkaart

Personal OV Chipkaart

Perbedaan OV Chipkaart Personal dengan Anonymous adalah:

  1. Personal perlu registrasi (perlu bank account) dan memesan kartu secara online.
  2. Ada data pribadi yang tertera di kartu OV Chipkaart
  3. Perbedaan warna (Personal Kuning, Anonymous Biru)
  4. Personal dapat di top-up secara online (menggunakan internet), sedangkan untuk Anonymous harus di mesin top up atau di counter dengan customer service
  5. Personal dapat menggunakan paket-paket discount

Keuntungan utama OV Chipkaart adalah kita tidak perlu repot-repot membeli tiket setiap akan naik transportasi umum, dan ada paket-paket diskon untuk pemegang OV Chipkaart Personal.

Untuk pembelian kartu OV Chipkaart Anonymous di mesin, kita harus menggunakan koin atau kartu bank yang memiliki pinnen. Kita tidak dapat menggunakan credit card. Untuk mesin pengisian ulang (“top up”) atau untuk mengambil paket diskon (OV Chipkaart Personal), sering bisa ditemukan di supermarket/minimarket local seperti Albert Heijn atau Jumbo.

OV Chipkaart Machine

Mesin service OV Chipkaart di Albert Heijn

Untuk menggunakan OV Chipkaart saat akan naik transportasi umum, kita harus melakukan “Tap In”, yaitu menempelkan kartu di scanner. Saat turun dari transportasi umum, jangan lupa juga melakukan “Tap Out”, yaitu menempelkan kembali kartu kita di scanner. Pada saat kita melakukan “Tap In”, scanner akan mengurangi saldo OV Chipkaart kita sejumlah nilai maksimum (termahal) di jalur tersebut. Saat “Tap Out”, baru jumlah yang sebenarnya dikurangi (yang sebelumnya terambil dikembalikan ke kartu). Karena itu jangan lupa melakukan “Tap Out” ketika jalan-jalan di Belanda menggunakan transportasi umum.

Untuk Tram dan Bus, mesin untuk melakukan “Tap In” – “Tap Out” biasanya tersedia di dalam transportasi umum tersebut. Tetapi untuk Metro/Subway dan Kereta, biasanya mesinnya tersedia di pintu masuk stasiun kereta atau subway.

Scanner OV Chipkaart - Tram

OV Chipkaart Scanner di Tram

OV Chipkaart Scanner untuk naik Kereta

OV Chipkaart Scanner untuk naik Kereta

Jika kita tidak ingin menggunakan OV Chipkaart, bisa membeli tiket di supir bus atau tram dan di counter customer service untuk kereta atau subway. Dengan OV Chipkaart, kita tidak perlu repot-repot membeli tiket setiap akan naik transportasi umum.

Untuk tahu transportasi dan jalur mana yang harus digunakan ketika akan jalan-jalan di Belanda, kita dapat menggunakan aplikasi atau website bernama “9292“. Cukup dengan memasukan lokasi awal dan lokasi tujuan, aplikasi ini akan secara otomatis mengeluarkan rekomendasi moda transportasi beserta jadwal yang harus digunakan.

9292 untuk jalan-jalan di belanda

9292 untuk jalan-jalan di belanda

Untuk keterangan lebih lanjut bisa lihat website OV Chipkaart untuk jalan-jalan di Belanda.

Jadi, jangan lupa membeli OV Chipkaart ketika akan jalan-jalan di belanda :)

 

Please share if you find it useful :)Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+1Share on LinkedIn2
andri madian

About 

Penyuka jalan-jalan ini memiliki latar belakang pendidikan teknik dari Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus, Andri sempat bergabung dengan Total E&P Indonesie, Johnson&Johnson, Eximio Media dan Valadoo.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Comments

  1. Hi salam kenal
    Sy mmang rencana ke eropa dan sy suka baca blogmu memberikan inspirasi kota2 kemana aja yang sy tuju. Tentang aplikasi yang km recommend ‘ 9292 ‘ bahasanya bukan bahasa inggris ya? Gimana ya cari gantinya mohon bantuannya.
    By the way thank you & ditunggu postingan cerita selanjutnya.

    • Hi Ninik,

      aplikasi 9292 ada pilihan bahasa Inggris-nya kok, tinggal cari pilihan ‘setting’ dan klik ‘general setting’, di situ ada pilihan untuk mengganti bahasanya

Speak Your Mind

*