Merencanakan Jalan-Jalan Ke Eropa Sendiri (Menyusun Itinerary)

Setelah beres dengan booking tiket pp destinasi yang lo tuju untuk jalan-jalan ke Eropa, selanjutnya adalah menentukan mau ke mana aja pada satu periode jalan-jalan tersebut.Bicara soal menyusun rencana perjalanan atau yang sering disebut dengan istilah itinerary ini, kita akan menghadapi banyak dilemma yang akhirnya harus berujung pada suatu kompromi. Semakin panjang periode jalan-jalannya dan semakin banyak temen jalan-jalan barengnya, semakin banyak dilemma dan kompromi yang harus kita lalui. This is the stage where excitement and frustration come in together. 😛

Sebelum masuk ke pokok bahasan kali ini, gw mau jelasin ke temen-temen yang mungkin masih skeptis dengan konsep penyusunan itinerary, kenapa itinerary itu perlu disusun. Kenapa kita gak jalan-jalan saja bebas semau kita kesana kemari pada saat jalan-jalan ke Eropa?

Pertama, umumnya waktu jalan-jalan kita terbatas sedangkan tempat yg kita pengen datengin itu biasanya banyak banget terutama untuk jalan-jalan ke Eropa. Disinilah itinerary berperan untuk bisa mengalokasikan dan mengorganisir waktu kita dengan tempat-tempat yang mau didatengin. Disinilah kita akan  tahu apakah waktu yang kita punya itu cukup untuk mengunjungi semua tempat-tempat yang mau didatengin ketika jalan-jalan ke Eropa. Kalau gak didetailin  seperti ini, kita belum dapet gambaran apakah rencana mengunjungi,misalkan 10 kota dalam 10 hari itu masuk akal atau tidak .Disinilah kita mau gak mau harus berkompromi dan membuat skala prioritas akan tempat-tempat yang mau didatengin tersebut supaya jalan-jalan kita bisa optimal dan gak berantakan.

Kedua, untuk keperluan apply visa. Gw akan bahas lebih detil mengenai apa aja hal yang perlu disiapin untuk apply visa Schengen di edisi selanjutnya. Sekarang gw  hanya ingin menekankan bahwa kejelasan itinerary jalan-jalan ke Eropa cukup berperan dalam memastikan keberhasilan mendapatkan visa. Semoga dua alasan di atas cukup untuk meyakinkan temen2 untuk mulai menyusun itineraryNow let’s plan!

TAHAPAN PENYUSUNAN ITINERARY JALAN-JALAN KE EROPA

Jalan-jalan ke Eropa (LETS BOOK) v2Skema diatas gw buat untuk membantu menyusun itinerary berdasarkan pengalaman planning jalan-jalan ke Eropa (Eurotrip) dulu di 2010, List – Eliminate – Throrough Search – Set & allocate – Book atau supaya gampang diinget bisa disingkat LETS BOOK! :)

LIST – Buat list semua tempat yang mau didatengin saat jalan-jalan ke Eropa lalu urutkan berdasarkan kedekatan jaraknya. Pakai peta sebagai alat bantu untuk melihat posisi tempat-tempat tersebut. Berikut contoh yang gw buat untuk trip Oktober nanti.

Jalan-jalan ke Eropa (Draft Map) v2

ELIMINATE – Sifat nafsu-an kita sebagai manusia umumnya membuat kita lupa diri dalam membuat list tempat yang ingin dikunjungi, alhasil terlalu banyak list-nya sementara waktu jalan-jalan ke Eropa nya terbatas. Untuk itu, sebelum kita lebih jauh melakukan riset, langsung aja eliminate tempat-tempat yang gak harus didatengin atau bisa lo tunda di trip jalan-jalan ke Eropa kali ini. Pertimbangannya bisa banyak, sulit dijangkaunya tempat tersebut yang berdampak pada ongkos dan waktu perjalanan misalkan, bisa juga karena tempat tersebut tidak semenarik tempat lain yang akan dikunjungi, dsb. Berikut hasil dr proses eliminate yang gw buat untuk trip jalan-jalan ke Eropa Oktober nanti.

Jalan-jalan ke Eropa (Final Map) v2

THOROUGH SEARCH – Pencarian/Riset yang menyeluruh! Hal ini penting banget untuk dilakukan supaya kita gak buta sama sekali terhadap tempat-tempat yang mau kita datangi saat jalan-jalan ke Eropa, mulai dari mode transportasi menuju dan keluar tempat tersebut, mode transportasi selama di tempat tersebut, tempat tinggal di tempat tersebut, dan seterusnya. Disini kita bisa membuat draft kasar informasi seperti lama transportasi masuk dan keluar antar tempat yang kita kunjungi serta mode transportasinya, informasi tempat menginap, tourist pass di masing-masing tempat tersebut dan lain sebagainya. Feel free to leave your comment kalau mau tau website apa saja yang bisa membantu pencarian/riset kalian saat ingin jalan-jalan ke Eropa! :)

SET & ALLOCATE – Setelah melakukan riset dan tahu berapa lama perjalanan dari dan ke masing-masing tempat yang dituju, kita bisa mulai mengalokasikan berapa hari kita berada di masing-masing tempat tersebut dan berapa hari kita butuh tempat menginap. Buatlah tabel excel sederhana untuk membantu menyusun hal ini, berikut contoh yang gw lagi buat untuk trip jalan-jalan ke Eropa Oktober nanti (masih draft :)).

Jalan-Jalan ke Eropa (Draft Table) v2

BOOK! – Setelah yakin dengan pilihan-pilihan tempat hasil riset dan alokasi waktu di masing-masing tempat yang sudah disesuaikan dengan tanggal riil periode jalan-jalan ke Eropa  kita, siapkan credit card lo dan mulai book everything that can be booked! J Kenapa? Pertama, dengan ini lo ga perlu bawa terlalu banyak uang cash selama perjalanan (mengurangi risiko kecopetan/kelalaian selama perjalanan). Kedua, kita juga bisa mengurangi risiko ketidakpastian yang timbul selama jalan-jalan ke Eropa (misalkan ternyata ada event khusus di tempat yang kita tuju sehingga bisa jadi hotel/hostel pada penuh pas tanggal kita datang, dsb). Ketiga, semakin lengkap bookingan kita terkait rencana jalan-jalan ke Eropa kita, semakin nyaman petugas kedutaan visa untuk memproses permohonan visanya. Untuk alasan terakhir ini sudah terbukti saat 2010 yang lalu gw dan 3 orang temen apply visa melalui kedutaan Perancis dengan cukup lancar karena kita menjelaskan itinerary yang sudah disertai bukti booking yang kami print dari masing-masing websitenya.

What are you waiting for? Let’s book! :)

Please share if you find it useful :)Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+6Share on LinkedIn4
Edward Francois Marbun

About 

Di waktu luangnya sebagai travel enthusiast, Edward bekerja sebagai bankir sejak Ia lulus dari Teknik Industri ITB di tahun 2007. Easy going traveller yang sangat menggemari mie goreng instant ini membuatnya selalu membawa beberapa bungkus untuk dinikmati di tempat-tempat yang Ia kunjungi.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Comments

  1. Marlin Ritung says:

    Siang pak Edward, nanya dong, sy rencana jln2 ke Europa 31 maret 2014 bersama suami dan 3 anak ( 11, 9, 3 thn) . Kami br pertama kali mau ke Europa, dan berencana tdk memakai travel alias jalan sendiri. Bagusnya kemana sj nih pak, rencana hanya seminggu kembali lg ke jkt. Makasih pak, kami tunggu itinerary nya,:-)

    • Halo ibu, sorry that it took me ages to reply, hehe, baru sempat cek blog ini lagi, hehe.. hmm untuk jangka waktu seminggu saya rasa baiknya anda memfokuskan liburan hanya pada 1 negara saja, terlebih lagi anda membawa anak2 juga.. saya sarankan ibu memilih Paris sebagai destinasinya, karena selain tempat2 sightseeing seperti menara eiffel, istana versailles dan museum louvre, anda juga dapat membawa anak2 mengunjungi disneyland paris.. menurut pengalaman saya, anda akan butuh minimal 4 hari untuk menikmati semua tempat yang layak untuk dikunjungi di paris.. sehingga 3 hari sisanya dapat dimanfaatkan untuk melakukan daytrip ato overnight trip ke luar kota Paris namun tidak terlalu jauh seperti Champagne region (tur ke daerah penghasil wine dan champagne), Lourdes (untuk wisata rohani) dan masih banyak lagi.. semoga tanggapan dari saya membantu dan selamat berlibur! :)

  2. Pagi pak edward, saya berencana tour eropa liburan sekolah nanti. Bulan juni-juli 2014. Kira2 kemana saja yg bisa kami kunjungi? Waktu luburan bisa 2 minggu ya. Kami berencana pergi ber 6. Saya dan suami serta 4 anak, yang satu masih 3 tahun. Ada kemungkinan mengajak mertua juga usia 80th. Tolong info nya ya. Terima kasih

    • Kalau bawa anak-anak dan orang tua, lebih baik jangan sering berpindah-pindah. Untuk 2 minggu, cocoknya 3 atau 4 kota. Yang saya sarankan London – Paris – Amsterdam. Ketiga kota itu berdekatan dan lumayan menarik untuk dikunjungi. Untuk pindah kota, naik kereta merupakan pengalaman yang mengesankan. Apalagi kereta Eurostar London-Paris akan melalui terowongan bawah laut.

      Kalau mau nambah satu kota lagi, bisa tambah Brussels yang berada di antara Paris dan Amsterdam.

      Untuk melihat2 jadwal dan harga kereta London – Paris bisa ke http://www.eurostar.com
      Untuk kereta Paris – Amsterdam bisa ke http://www.thalys.com
      Kedua website itu bisa untuk membeli tiketnya juga.

      Kalau membawa anak-anak, tentu bisa ke Disneyland Paris. Pembagian harinya mungkin bisa seperti ini:

      London 4 malam
      Paris 5 malam
      Amsterdam 3 malam
      Sisanya untuk penerbangan.

  3. Selamat Malam
    pak Edward
    Saya berencana mau liburan ke eropa (Inggeris-belanda-prancis-italia (venice) dan istambul
    menurut saran bapak rute yang baik untuk saya ambil diawali dari mana Pak…. terimakasih, sukses selalu untuk Bapak Sekeluarga..

  4. siang pak edward, rencana saya dan 2 orang teman lagi mau liburan ke eropa selama 2 minggu bulan agustus 2014 nanti. tapi masih bingung untuk mulai dari kota mana, dan bingung rute mana saja yang berdekatan dan menarik untuk dikunjungi. jadi perjalannya satu rute begitu. thanks for advice!

  5. elisa nurinda says:

    hallo kak, saya seorang mahasiswa yang akan mengujungi Flensburg, German bersama 7 teman saya.
    ada rekomendasi gak kak. sebaiknya dari Flensburg ke kota mana lagi jika ingin ke belanda-paris-milan? dan mode trasportasi apa yang lebih baik dipakai?

    dan apakah jika ingin apply visa, book ticket harus dari negara yang sama?

    terimakasih :)

  6. Hi Pak Edward,

    Saya dan 7 teman2 berencana travel ke kota Paris selama seminggu. Apakah sebaiknya kita sewa minivan atau naik transportasi umum, atau dengan HOHO ? Ada saran buat kami?

  7. Hi Pak Edward,

    Saya dan 7 teman2 berencana travel ke kota Paris selama seminggu. Apakah sebaiknya kita sewa minivan atau naik transportasi umum, atau dengan HOHO ? Ada saran buat kami? Terimakasih

  8. dian ariani tarigan says:

    tolong masukannya pak utk perjalanan dengan waktu 12 hari di eropa dengan waktu pergi dan pulang lewat amsterdam.. serta mampir di munich karena ada seminar. kota-kota apa sj yg bisa dilalui?

  9. menurut saya kalo mau melihat eropa yang sesungguhnya adalah mengunjungi kota kota kecil/pedesaan.eropa itu luar biasa cantik dgn alam yang indah khususnya di desa2 kecil apalagi di perancis(wow)…..mengunjungi kota besar di eropa cukup sebentar saja dan buat saya agak membosankan ,terkadang terlalu crowded…..khusus utk negara perancis,sebetulnya ini negara paling indah dgn kekayaan alam dan sejarah yang luar biasa tp sayangnya orang indonesia hanya mengenal paris dan eiffel pdhl banyak tempat2 yang luar biasa indah di perancis….mungkin travel biro di indonesias udah saatnya utk mencoba mengeksplore tempat2 wisata lain di perancis yang luar biasa cantik dgn sejarah yg menakjubkan

  10. tabel excelnya sangat membantu

    ijin meniru ya kakak

Speak Your Mind

*