Wisata Kuliner di Seoul, Korea Selatan

Wisata kuliner di Seoul merupakan hal yang wajib untuk dilakukan (terutama untuk saya) ketika sedang berwisata di ibukota Korea Selatan ini. Sebuah perjalanan menjelajahi suatu negara yang mempunyai budaya asing akan tidak lengkap apabila tidak mencicipi kuliner khas negara tersebut. Budaya dan karakteristik suatu negara / bangsa dapat direfleksikan oleh rasa masakan khas yang dibuat oleh masyarakatnya.

Khusus Korea Selatan, terdapat cita rasa khas yang hanya terdapat di wisata kuliner negeri ‘Ginseng’ ini.

Berikut adalah 5 masakan khas Korea Selatan yang wajib dicoba ketika melakukan wisata kuliner di Seoul dan sekitarnya.

1. Bimbimbap

wisata kuliner di seoul - bimbimbap

Mungkin anda sudah banyak mengenal masakan yang satu ini di Indonesia. Telah banyak restoran di Indonesia yang menyediakan Bimbimbap seperti Hangang Kitchen, Samwon dan banyak restoran khas Korea lainnya.

Bimbimbap sendiri merupakan sebuah signature dish Korea Selatan (selain dari Kimchi tentunya). Bimbimbap berarti “nasi campur” dalam bahasa Korea, yang terbuat dari campuran dasar nasi putih, namul (sayuran segar yang ditumis dan dibumbui) dan gochujang (saus sambal khas Korea). Banyak sekali variasi dari Bimbimbap ini, para penikmat kuliner biasanya menambahkan daging sapi dan telur mata sapi setengah matang ke dalam campuran Bimbimbap-nya.

Bimbimbap ini sangat nikmat untuk dinikmati dalam sebuah hot stone bowl karena menjamin masakan ini tetap panas ketika anda makan, tetapi jangan khawatir, apabila sudah mendingin Bimbimbap ini juga tetap enak kok!

2. Bulgogi

wisata kuliner di seoul - bulgogi

Bulgogi dapat berarti “daging api” dalam bahasa Korea. Istilah tersebut sangat cocok untuk menggambarkan masakan ini, karena memang daging dalam masakan Bulgogi ini dimasak dengan menggunakan panggangan besi dengan api yang panas.

Utamanya, Bulgogi ini dibuat dengan menggunakan daging sapi sirloin yang diiris tipis dan dilapisi oleh saus untuk meningkatkan cita rasanya sebelum akhirnya dipanggang. Daging Bulgogi ini juga biasanya dilengkapi dengan potongan bawang bombay, daun bawang, dan jamur untuk melengkapi rasa daging yang kuat.

Pada waktu saya berkunjung ke Korea Selatan, saya berkesempatan untuk mencicipi Bulgogi tetapi bukan yang dipanggang, melainkan yang direbus sehingga lebih mengarah ke stew dibandingkan dengan barbecue. Rasa bulgogi yang di-stew ini juga lezat dan segar sekali karena sudah bercampur dengan sayuran. Saya pribadi sudah bosan dengan rasa Bulgogi yang dipanggang seperti yang banyak ditemui di Indonesia, oleh karena itu stew Bulgogi ini sungguh memberikan dimensi yang lain dari masakan ini.

3. Korean BBQ

wisata kuliner di seoul - korean bbq

Menu wajib ketika kamu berkunjung ke Korea Selatan. Di Seoul banyak sekali kedai-kedai BBQ yang bertebaran, terutama di pusat-pusat perbelanjaan dan entertainment. Tempat BBQ yang saya coba terletak di daerah Hongik University (Hongdae) dimana terdapat banyak sekali kedai BBQ untuk anda coba.

Untuk jenis daging yang dipakai dalam BBQ ini ada banyak macamnya mulai dari daging sapi, daging babi ataupun daging ayam tetapi umumnya yang banyak disajikan adalah dua daging yang saya sebutkan pertama. Daging-daging tersebut secara umum dapat disajikan secara marinated (sudah diberi bumbu) ataupun non-marinated (tanpa bumbu), akan tetapi saya menyarankan anda untuk memesan yang non-marinated saja agar dapat merasakan cita rasa dagingnya yang asli.

Daging yang telah dimasak dalam Korean BBQ ini biasanya disajikan dan dimakan dengan cara dibungkus oleh daun selada segar dan jangan lupa juga untuk menambahkan kimchi di dalamnya (dan mungkin sedikit garam), dijamin anda akan merasakan cita rasa yang luar biasa di dalam mulut anda.

Untuk travelers yang muslim, harap berhati-hati agar memilih daging sapi dan bukan daging babi. Karena bahasa Inggris warga Korea Selatan agak kurang jelas, lebih baik anda menyiapkan gambar sapi saja di handphone anda untuk anda tunjuk hehehe,…

4. Soju

wisata kuliner di seoul - soju

Apa itu Soju? Kalau di Jepang masyarakatnya sangat kental dengan minuman Sake / Shochu, maka Soju adalah minuman beralkohol andalan di Korea Selatan.

Menyambung dari Korean BBQ di atas, Soju merupakan minuman pendamping yang biasanya ditenggak oleh masyarakat Korea ketika menikmati daging panggangnya. Rasanya mirip dengan Vodka, hanya saja terasa lebih ringan dan sedikit lebih manis. Saking membudayanya Soju ini, bahkan Psy –penyanyi Korea Selatan yang terkenal melalui hits ‘Gangnam Style’- menjadi duta dari minuman ini.

Di waktu musim dingin di Korea Selatan, kombinasi antara daging BBQ dan Soju merupakan penghangat badan andalan masyarakat negeri Ginseng ini.

5. Chicken Dish

Selain beef dan pork, ternyata masyarakat Korea Selatan juga cukup doyan lho makan ayam, terutama jenis makanan ayam goreng. Untuk anda penggemar masakan ayam Bonchon dan FourFingers di Indonesia mungkin sudah tidak heran lagi dengan hal ini, karena inspirasi kedua restoran tersebut memang datang dari Korea Selatan.

Pada saat saya berkunjung ke Seoul, saya berkesempatan untuk mencoba 2 rumah makan khusus ayam ini yaitu TwoTwo Chicken dan juga ChirChir Chicken. Pada dasarnya dua restoran ini menyajikan menu andalan yang mirip yaitu Original Crispy Chicken dan Sweet & Sour Chicken, akan tetapi variasi dan cita rasanya agak sedikit berbeda.

TwoTwo Chicken menurut saya agak lebih konservatif dan tetap menjaga menu andalannya agar tetap ‘pure’ yaitu Original Crispy Chicken, Sweet & Sour beserta gabungan keduanya (mixed).

 wisata kuliner di seoul - twotwo chicken

 Akan tetapi ChirChir Chicken mencoba untuk mengeksplor variasi rasa dengan memberikan jenis rasa Cajun Chicken beserta side dish Cheese French Fries.

wisata kuliner di seoul - chirchir chicken

Akan tetapi, restoran yang manapun yang anda pilih, saya jamin tidak akan mengecewakan lidah anda.

 

Apakah anda punya menu andalan lain ketika wisata kuliner di Seoul dan daerah Korea Selatan lainnya ? feel free untuk memberikan masukan dan pendapat di bagian comment =)

Andre Madian

About

Andre adalah seorang digital marketer dan travel enthusiast.
Lulusan Teknik Industri ITB angkatan 2003 jurusan Teknik Industri, yang mempunyai passion di bidang startup dan teknologi.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Comments

  1. Ngiler berat liat kuliner korea, tapi paling ngiler liat soju …. perna dapat oleh2 dari temen yg baru balik dari sana :)

Speak Your Mind

*