Penginapan di Seoul – Jimmy Pastel Apartment

Hi Travelers! Sekarang saya mau cerita lagi mengenai wisata di Korea Selatan, tetapi dari sisi akomodasi atau penginapan. Kebetulan saya belum pernah berwisata di Korea Selatan, sehingga belum tahu akan menginap di mana saat di sana.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mencari lokasi yang nyaman. Lokasi penginapan di Seoul yang nyaman menurut pengertian saya adalah dekat dengan transportasi umum dan tidak jauh dari titik-titik wisata di kota tersebut. Kebetulan teman yang pernah pergi ke sana menyarankan untuk mencari di daerah Hongdae karena dekat dengan pusat perbelanjaan dan juga salah satu stasiun Subway paling sibuk yaitu Stasiun Hongik University.

AirBnb.com sebagai tempat mencari tempat penginapan di Seoul

Awal pencarian penginapan di Seoul dimulai dengan membuka situs web booking.com dan juga agoda.com. Di sana saya mencari penginapan yang relatif terjangkau (budget sekitar Rp.250.000/malam/orang) tetapi tetap nyaman dan dekat dengan Hongdae. Sejauh pencarian penginapan di Seoul yang saya lakukan, batasan harga tersebut membuat hasil yang ditampilkan kebanyakan adalah Hostel dan tidak terlalu dekat Hongdae.

Lalu saya ingat teman saya yang lain pernah mencari penginapan melalui situs web AirBnB.com, sebuah service yang mencarikan kamar-kamar apartment atau guest house yang bisa disewakan. Setelah saya lihat-lihat, ternyata banyak apartment-apartment menarik yang bisa jadi tempat penginapan di Seoul, khususnya Hongdae.

Satu tempat penginapan di Seoul yang menarik perhatian kami adalah Jimmy Pastel Apartment (Prugio Apartment). Sekilas kami lihat foto-fotonya memperlihatkan interior design yang sangat modern dan menarik. Dari sisi hargapun masuk dengan budget. Kami melakukan kontak dengan pemilik / pengurus apartment tersebut di AirBnB bernama Jimmy dan dia mengatakan bahwa kamar available untuk tanggal yang kami inginkan.

Total biaya akomodasi untuk 8 hari 7 malam adalah 331 euro (47 euro per malam) + 40 euro biaya service AirBnB, Totalnya 371 euro atau Rp. 4.731.000. Biaya per orang per malam sekitar Rp. 225.000.

Pembayaran penginapan di Seoul ini dilakukan saat melakukan online booking di AirBnB.com menggunakan credit card. Setelah booking dan pembayaran dilakukan, saya mendapatkan sebuah email yang berisi tanda bukti booking dan instruksi bagaimana cara ke apartment tersebut. Nomor kontak Jimmy pun lengkap, dari mulai nomor telepon sampai ID Whatsapp dan KakaoTalk.

Menuju tempat penginapan di Seoul

Penginapan di Seoul - Bus 6002

Ketika sampai di bandara Incheon, kami menggunakan Limousine Bus nomor 6002 seharga KRW 10.000 ke arah Hongdae, tempat penginapan di Seoul kami berada. Perjalanan memakan waktu sekitar 40 menit dari Airport Incheon ke Hongdae. Kami turun di stasiun ketiga. Kami berjalan sekitar 10 menit ke arah Prugio Apartment, tempat penginapan kami di Seoul. Sesampainya di depan Prugio Apartment, kami menghubungi Jimmy dan dia turun menjemput kami.

Penginapan di Seoul - 1

Untuk masuk ke apartment, terdapat beberapa kunci yang diperlukan. Pertama adalah kunci untuk masuk ke gedung Prugio Apartment. Kedua adalah untuk masuk ke dalam unit apartment. Ketiga adalah kunci untuk masuk ke dalam kamar di dalam unit tersebut. Satu lagi adalah kunci lemari untuk menyimpan barang-barang penting di dalam kamar.

Apa yang bisa didapatkan di Jimmy Pastel Apartment?

Ketika masuk apartmentnya, ternyata memang sama seperti yang terlihat di foto AirBnB, sangat modern dan bersih. Di unit tersebut terdapat 2 kamar tidur, 1 kamar mandi shared dan 1 kamar tidur dengan kamar mandi dalam (total 3 kamar tidur). Setiap kamar bisa menampung 4 sampai 5 orang dewasa.

Blog Photos 1000x288 JimmyPastel - Kamar

Saat masuk apartment, Jimmy langsung memberi briefing dan tata cara menginap termasuk Do’s and Don’ts menginap di apartment tersebut. Salah satu yang paling penting adalah tamu tidak boleh terlalu berisik karena bisa mengganggu tenant apartment yang lain (maklum ini bukan commercial apartment melainkan residential apartment).

Penginapan di Seoul - 2

Penginapan di Seoul - 3

Hal lain yang penting adalah membuang sampah sesuai dengan tipe sampah tersebut ke tempat sampah yang sudah disediakan. Pertama kita harus lihat apakah sampah tersebut bisa didaur ulang (recycle) atau tidak. Apabila bisa didaur ulang, kita harus bedakan antara plastik, vinyl dan kertas. Pembagian pembuangan sampah ini akan berguna bagi pihak yang akan mendaur ulang.

Penginapan di Seoul - amenities

Di apartment ini juga tersedia Free Wi-Fi, sehingga memudahkan kita untuk browsing menggunakan smartphone atau tablet. Dapur juga bisa digunakan dan sudah lengkap dengan kulkas, microwave dan juga peralatan makan/minum. Di meja juga terdapat pojok sharing, dimana kita bisa berbagi makanan dengan tamu lain di unit tersebut. Untuk mandi, Jimmy sudah menyediakan handuk, sabun dan shampoo sehingga kita tidak perlu repot membawa dari rumah.

Penginapan di Seoul - Food

Di sekitar tempat penginapan di Seoul kami ini terdapat banyak toko-toko untuk belanja seperti toko fashion H&M, toko kosmetik Etude House dan Nature Republic. Tempat makanpun mudah sekali dicari, dari mulai restoran mie/udon sampai fastfood seperti Subway Sandwich dan Kentucky Fried Chicken. Bagi anda yang ingin BBQ asli korea (Korean BBQ), di Hongdae juga banyak sekali tersedia restoran tersebut. Ketika malam minggu, banyak live performance dari mahasiswa-mahasiswa korea yang kuliah di Hongik University.

Penginapan di Seoul - Hongdae

Setiap hari, entah siang atau malam, Jimmy biasanya selalu datang ke unit untuk memeriksa jika tamunya perlu sesuatu dan juga mengurus cucian apabila ada. Apabila kita ingin menanyakan tempat-tempat wisata, bisa juga ditanyakan ke Jimmy bahkan diantar oleh dia. Tempat penginapan di Seoul ini juga menyediakan service lain yang berguna seperti booking Limousine Bus apabila ingin ke Airport Incheon, tiket Lotte World dan pertunjukan Nanta Show, dan juga DMZ tour.

Penginapan di Seoul - Interaction

Hal lain yang bisa didapatkan di penginapan di Seoul ini adalah interaksi dengan tamu lain yang kebanyakan dari luar Korea Selatan. Beberapa hari pertama kami berinteraksi dengan 4 orang turis dari Amerika Serikat. Pada dua hari terakhir, kami berbagi unit apartment dengan 3 orang turis dari Belgia.

Jadi apakah Jimmy Pastel (Prugio) Apartment akan menjadi salah satu pilihan penginapan di Seoul bagi anda?

andri madian

About

Penyuka jalan-jalan ini memiliki latar belakang pendidikan teknik dari Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus, Andri sempat bergabung dengan Total E&P Indonesie, Johnson&Johnson, Eximio Media dan Valadoo.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Comments

  1. Kak~ Kayaknya aku juga mau stay disini ntar pas ke Korea. Tempatnya kayaknya enak XD
    Btw, aku boleh minta itinery nya kah?
    Thankss~

    • Hallo,

      Iya nih tempatnya enak kok.. lokasinya di Hongdae strategis banget.
      Wah kalau itinerarynya lupa nyimpen dmana hehe.. yang saya inget cuman ke Nami Island, Dongdaemun, Gyeongbok-gung palace, Changdeok-gung palace, Bukchon hanok village, Insa-dong, Myeong-dong, dan World Cup Stadium hehe.. masih banyak sih spot yang menarik tapi saya gak sempet kesana hehe :D

Speak Your Mind

*