Nami Island Yang Indah dan Romantis

Korea Selatan saat ini sedang menjadi sorotan dunia. Mulai dari handphone Samsung yang menjadi salah satu pemain besar di kategori smartphone, PSY dengan Gangnam Style yang menjadi sensasi dunia, K-Pop yang merebut hati jutaan orang karena ketampanan dan kecantikan personilnya, sampai Korean Drama seperti Winter Sonata. Secara tidak langsung, hal-hal tersebut merupakan duta pariwisata Korea Selatan yang menarik turis mancanegara.

Salah satu lokasi wisata yang terdongkrak adalah Nami Island. Pulau yang terletak di daerah Chuncheon, Gangwon-do ini menjadi salah satu lokasi setting Winter Sonata. Kepopuleran drama ini membuat para penontonnya menjadikan Nami Island salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Korea Selatan.

Blog Photos 1000x288 Nami Island - rep

Oh iya, ada yang unik dari cara marketing Nami Island. Agar lebih menarik, Nami Island diposisikan sebagai sebuah “negara” sendiri bernama Naminara Republic. Seperti halnya suatu negara, Naminara Republic juga memiliki kedutaan/embassy di daerah Insa-dong. Tiket masukpun disebut sebagai Visa.

Transportasi menuju Nami Island – Limousine Bus

Untuk mencapai Nami Island ada dua cara, yaitu menggunakan limousine bus atau subway. Jika anda turis yang baru pertama kali ingin ke Nami Island atau ingin traveling dengan lebih santai, saya menyarankan menggunakan Limousine Bus.

Untuk menggunakan Limousine Bus, bisa naik dari Insa-dong atau Jamsil tergantung anda lebih dekat ke yang mana. Kalau bebas memilih, saya menyarankan naik dari Insa-dong karena dekat juga dengan pusat belanja.

Lokasi bus di Insa-dong terletak di sebelah Tapgol Park. Anda bisa menggunakan subway dan turun di Jonggak Station Exit nomor 3 atau Jongno 3 Ga Station Exit nomor 1. Karena permintaan yang tinggi, disarankan anda melakukan reservasi atau pemesanan tiket sebelumnya.

Google Maps-Limousine Bus Nami Insadong

Pemesanan tiket bisa dengan :

  • Datang ke kantor Naminara Republic Embassy : 3F, Gallery Sang Building 157 Insa-dong (di seberang Starbucks).
  • Atau via telp : +82-2-753-1247 (jangan takut, Customer Servicenya bisa berbahasa Inggris).

Harga tiketnya untuk pulang pergi adalah KRW 15,000, tetapi jika termasuk ferry dan entrance fee Nami Island menjadi KRW 23,000.

Untuk informasi lebih lanjut bisa lihat http://www.namisum.com/

Transportasi menuju Nami Island – Subway

Jika anda tidak terburu-buru, dan ingin sesuatu yang lebih adventurous, anda bisa memilih menggunakan subway untuk mencapai Nami Island. Ini adalah cara yang saya gunakan saat pergi ke Nami Island.

Bagi pengguna smartphone, bisa coba download aplikasi Korea Subway Jihacul untuk membantu anda mendapatkan rute, perkiraan waktu dan perkiraan biaya ketika menggunakan subway di Seoul.

Nami Island - Subway Route

Dari manapun stasiun awal anda, pastikan stasiun yang harus anda tuju adalah Gapyeong Station. Waktu itu saya dari Hongik Univ. Station. Jaraknya cukup jauh yaitu sekitar 28 stasiun dan harus ganti kereta sebanyak 2 kali yaitu di Wangsimni dan Sangbong. Waktu yang ditempuh sekitar 2 jam, jadi sebaiknya pergi dari hotel pagi hari (jam 6-7 pagi) supaya sampai sana belum terlalu ramai. Biaya subway untuk one-way-trip dari Hongik Univ. Station adalah sekitar KRW 1,950 (menggunakan T-Card).

Blog Photos 1000x288 Nami Island - transit

Ketika sudah sampai di Gapyeong station, bisa melanjutkan ke Nami Island Wharf menggunakan taksi yang bisa ditemukan di depan stasiun. Biaya taksi dari Gapyeong Station ke Nami Island Wharf sekitar KRW 3,000.

Blog Photos 1000x288 Nami Island - gapyeong

Untuk menyeberang ke Nami Island dari Nami Wharf, bisa dengan Ferry ( KRW 8,000 ) atau bagi yang memiliki dana lebih dan ingin mendapatkan sensasi yang berbeda, bisa menggunakan Zip Wire (KRW 38,000). Zip wire ini cukup seru karena kita akan meluncur menggunakan kabel dari Nami Wharf sampai ke Nami Island.

Blog Photos 1000x288 Nami Island - wharf

Menjelajahi Nami Island  

Di Nami Island, tentunya bagi penggemar Winter Sonata, bisa menjelajahi tempat-tempat penting yang ada di drama tersebut. Kebetulan saya dan teman-teman belum pernah menonton Winter Sonata, jadinya hanya lihat-lihat yang tempat-tempat yang kami rasa menarik saja.

Semua tempat yang kami lihat sangat indah, akan tetapi kami merasa akan lebih indah lagi pada saat musim semi dimana daun-daun sudah mulai mekar (karena banyak sekali pohon). Di sini (entah kenapa), kita juga bisa menemukan burung unta (ostrich).

Lalu kami sempat berfoto di tempat yang konon katanya menjadi tempat First Kiss aktris Choi Ji-woo dan aktor Bae Yong Joon.

Blog Photos 1000x288 Nami Island-1

Sambil jalan kami sempat melihat ada café yang kopinya berasal dari Aceh, Indonesia (lumayan bangga juga ada nama Indonesia di pulau yang terkenal ini). Terakhir kami juga berfoto di deretan pohon Ginkgo yang menjadi salah satu trademark Nami Island.

Blog Photos 1000x288 Nami Island-2

Karena kepopuleran Winter Sonata, Nami Island juga dianggap sebagai tempat yang romantis. Pada saat kami di sana, ada pasangan yang sedang membuat pre-wedding photo dengan latar belakang deretan pohon Ginkgo.

Oh iya, untuk berjalan-jalan di pulau ini, bisa menggunakan sepeda yang disewakan di dekat pintu masuk.

Setelah mengitari pulau ini selama kurang lebih 1 ½ jam, kami akhirnya mengarah ke dock untuk kembali ke Nami Wharf menggunakan kapal Ferry.

Bagi anda yang menggunakan Limousine Bus, bus dapat ditemukan di tempat parkir (tempat anda turun saat datang) dan pulang sesuai jadwal busnya. Bagi anda yang menggunakan subway, harus mencari taksi dengan sedikit berjalan ke depan untuk kembali ke Gapyeong Station.

Blog Photos 1000x288 Nami Island-limousine bus

Secara overall, kami cukup puas dengan apa yang kami lihat di Nami Island, akan tetapi akan lebih puas lagi apabila datang pada saat musim semi atau musim dingin (winter).

Jadi, apakah anda tertarik untuk berlibur ke Nami Island?

Please share if you find it useful :)Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+2Share on LinkedIn0
andri madian

About 

Penyuka jalan-jalan ini memiliki latar belakang pendidikan teknik dari Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus, Andri sempat bergabung dengan Total E&P Indonesie, Johnson&Johnson, Eximio Media dan Valadoo.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Comments

  1. Hi,

    Apakah taksi Korea menerima 5 penumpang sekaligus? Rencananya kami pergi ke Nami dengan menggunakan subway – taksi – ferry juga.

    Terima kasih :)

    • Halo Dila,

      maaf baru sempat dibalas.
      Waktu itu kami hanya bertiga jadi tidak ada masalah.

      Akan tetapi sepertinya maksimal penumpang adalah 4 orang dalam 1 mobil.
      Untuk keterangan lebih lanjut, bisa coba ditanyakan saja ke supir taksi setelah keluar stasiun terakhir. Banyak taksi yang ngetem di depan stasiun tersebut, sehingga sepertinya tidak terlalu sulit untuk menggunakan 2 taksi :)

      Semoga perjalanannya lancar :)

Speak Your Mind

*