Aplikasi iPhone Untuk Wisata di Korea Selatan

Aplikasi iPhone untuk Wisata di Korea Selatan

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat pergi wisata ke Korea Selatan bersama dengan saudara dan teman saya. Kebetulan saya belum pernah ke Korea Selatan, jadinya cukup excited dengan pengalaman yang akan didapatkan. Nah, karena baru pertama kali, tentunya perlu sedikit persiapan sebelum pergi ke Korea Selatan. Salah satu persiapan yang saya lakukan adalah melakukan download untuk aplikasi iphone yang akan berguna selama wisata di Korea Selatan.\

Aplikasi iphone yang saya pikir akan berguna adalah aplikasi mengenai transportasi dan juga objek wisata serta things to do selama di Korea Selatan. Kebetulan saya hanya di Seoul selama 7 hari dan tidak pergi keluar kota, dan berikut ini adalah beberapa aplikasi iphone yang saya gunakan :

1. Aplikasi iPhone untuk Transportasi: Subway / Jihacul (FREE)

Aplikasi iPhone : JihaculBisa dikatakan aplikasi iphone ini merupakan aplikasi yang paling sering saya gunakan. Subway merupakan transportasi utama dan cara paling mudah untuk keliling selama wisata di Seoul. Hampir setiap tempat wisata atau pusat perbelanjaan di Seoul dapat dicapai dengan mudah menggunakan subway.

Cara menggunakan aplikasi iphone ini cukup mudah. Pada saat masuk aplikasi iphone ini, kita akan diperlihatkan peta stasiun subway di Seoul. Untuk mengetahui perkiraan biaya serta lama perjalanan, tinggal pencet lingkaran stasiunnya.

Pertama, klik stasiun tempat kita berangkat, sebuah pilihan menu akan muncul, dan klik “Depart From”. Selanjutnya tentukan stasiun yang akan jadi tujuan kita, klik stasiunnya, dan klik “Arrive At”. Setelah selesai, aplikasi iphone ini akan secara otomatis mengkalkulasikan lama perjalanan serta biayanya. Kita juga dapat melihat rute stasiun apa saja yang dilewati di petanya (stasiun yang dilewati akan blinking).

Aplikasi iPhone Jihacul ScreenShot

Secara default, aplikasi iphone ini akan memilihkan rute tercepat (Fastest) untuk sampai di tujuan. Tapi kita juga bisa mengganti rute apabila tidak sesuai keinginan kita dengan klik stasiun yang diinginkan di tengah-tengah rute dan klik “Through”. Rute baru akan terbentuk sesuai pilihan stasiun kita. Apabila kita perlu pindah (transfer) kereta, kita bisa lihat keterangannya di “Transit Info”.

2. Aplikasi iPhone untuk Aktivitas: Lonely Planet – Seoul (USD 4.99)

Aplikasi iPhone : Lonely Planet SeoulIni merupakan aplikasi iphone yang paling sering saya gunakan untuk mencari tempat wisata selama wisata di Seoul. Aplikasi iphone ini cukup handy karena kita bisa mencari tempat wisata berdasarkan lokasi atau apa yang ingin kita lakukan di sana (things to do).

Misalkan kita ingin mencari berdasarkan lokasi, kita tinggal klik Neighbourhoods di menu utama, misalkan Insadong. Baru kita pilih Things to do, misalkan Shops. Aplikasi iphone ini akan memperlihatkan daftar tempat-tempat shopping yang menurut Lonely Planet cukup bagus untuk kita kunjungi.

Informasi yang diberikan untuk setiap tempat wisata cukup ringkas tetapi cukup jelas. Kita juga tidak perlu bingung untuk mencapa tempat tersebut, karena biasanya di penjelasannya diberikan informasi lokasi stasiun subway terdekat dan juga pintu exit yang harus diambil (masing-masing stasiun subway memiliki beberapa pintu keluar / exit).

Aplikasi iPhone LonelyPlanetSeoul ScreenShot

Sebagai alternatif atau pelengkap, kamu bisa juga download aplikasi iphone bernama Visit Seoul.

Aplikasi iPhone Visit Korea ScreenShot

 

3. Aplikasi iPhone untuk Airport: Incheon Airport (FREE)

Aplikasi iPhone : Incheon AirportSebagai peraih Best Airport Worldwide selama 8 tahun berturut-turut, tentunya tidak heran ada aplikasi iphone untuk airport Incheon. Aplikasi ini akan memberikan informasi mengenai :

  • Jadwal penerbangan yang ada di Incheon

Kita dapat melihat jadwal kedatangan (Arrival) dan juga keberangkatan (Departure) pada hari ini.

  • Airport Info

Informasi yang berguna untuk turis yang ingin tahu mengenai lokasi-lokasi pelayanan di airport Incheon yang mungkin berguna seperti imigrasi, penukaran mata uang, convenience store, airport transfer, nursery, post office, medical service, lost & found, dll.

  • Immigration

Berisi informasi mengenai panduan kedatangan (arrival), keberangkatan (departure), dan transfer. Kita bisa melihat peta airport Incheon dan juga prosedur-prosedurnya.

Aplikasi iPhone IncheonAirport ScreenShot

    • Shopping

Berisi informasi-informasi toko-toko yang ada di airport Incheon. Berguna apabila kita perlu membeli sesuatu sebagai oleh-oleh atau sesuatu yang urgent.

    • Transportasi (Traffic) dari dan ke Airport

Informasi ini sangat berguna bagi turis yang baru pertama kali ke Korea Selatan melalui airport Incheon. Kita akan disediakan informasi berbagai moda transportasi untuk pergi dari Incheon ke pusat kota atau sebaliknya. Terdapat pilihan bus, subway, taxi, dan shuttle.

 

4. Aplikasi iPhone untuk Komunikasi: KakaoTalk (FREE)

Aplikasi iPhone : KakaoTalkSebagai salah satu aplikasi iphone untuk chatting yang paling populer di Korea Selatan (dan juga baru-baru ini di Indonesia), tidak ada salahnya kita memiliki aplikasi ini di iphone kita. Aplikasi ini akan berguna untuk berhubungan dengan teman kita yang tinggal di Korea Selatan atau dengan teman traveling kita. Karena KakaoTalk berasal dari Korea Selatan, maka sudah pasti pengguna aplikasi iphone ini cukup besar di sana.

Seperti aplikasi iphone untuk chatting lainnya seperti Line, KakaoTalk memiliki stiker-stiker lucu yang dapat digunakan untuk mengungkapkan ekspresi selama chatting.

Tidak perlu khawatir apabila kita tidak mengaktifkan layanan 3G seluler kita di Korea Selatan, karena rata-rata tempat umum di Korea Selatan memiliki Wi-Fi.

Aplikasi iPhone KakaoTalk ScreenShot

Jadi, jangan lupa download beberapa aplikasi iphone di atas sebelum pergi wisata ke Korea Selatan.

Please share if you find it useful :)Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+2Share on LinkedIn0
andri madian

About 

Penyuka jalan-jalan ini memiliki latar belakang pendidikan teknik dari Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus, Andri sempat bergabung dengan Total E&P Indonesie, Johnson&Johnson, Eximio Media dan Valadoo.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Speak Your Mind

*