Wisata Jogja: Tempat Yang Bisa Dijelajahi Dalam 2 Hari (Part 1)

Wisata Jogja tidak pernah kehabisan cerita. Mulai dari wisata kuliner, melihat tempat budaya bersejarah hingga belanja ada semua di kota pelajar ini. Seringkali kita tidak punya waktu untuk berlibur, tetapi kita bisa lhoo menjelajahi tempat-tempat asik di kota Jogja ini hanya dalam waktu 2 hari saja.

Wisata Jogja Hari ke-1

Jalan Malioboro

Wisata Jogja di Jalan Malioboro

Mengunjungi kota Jogja tidak akan afdol tanpa berjalan-jalan di Malioboro. Ya, jalan yang satu ini sudah sangat terkenal sebagai jalan utama yang mempunyai banyak tempat penginapan maupun tempat murah untuk berbelanja.

Apabila anda datang dengan menggunakan kereta api pada saat melakukan wisata Jogja, maka sekeluarnya anda dari Stasiun Tugu, ikuti jalan Pasar Kembang ke arah Jalan Abu Bakar Ali, ketika sampai di perempatan, anda hanya tinggal belok kanan untuk masuk ke jalan Malioboro.

Di sepanjang jalan Malioboro ini terdapat beberapa obyek wisata yang dapat dikunjungi seperti Malioboro Mall, Pasar Beringharjo, Mirota Batik dan membeli berbagai macam pernak-pernik khas Jogja yang harganya relatif murah (bisa ditawar juga lho!)

 

Alun-Alun Jogjakarta

Wisata Jogja di Alun-Alun

Apabila anda menyusuri Jalan Malioboro hingga ke ujung, maka anda akan sampai kepada sebuah lapangan luas. Lapangan luas ini biasa dikenal sebagai Alun-Alun Kota Jogjakarta. Nama lain dari Alun-Alun ini adalah Alkid, kependekan dari Alun-Alun Kidul dalam bahasa Jawa yang berarti Alun-Alun Selatan karena letaknya berada di Selatan Keraton Jogja.

Alun-Alun ini biasa dijadikan tempat ‘nongkrong’ sore-sore karena suasana-nya yang santai dan banyak jajanan menarik seperti wedang ronde, bajigur, jagung bakar, pisang bakar, roti bakar dan lainnya. Untuk dapat menikmati jajanan-jajanan ini anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp.5,000 saja.

Kemudian apabila anda punya banyak waktu di momen wisata Jogja anda, anda dapat mencoba pengalaman unik bernama Masangin, yaitu berjalan melewati dua pohon beringin raksasa yang terdapat di Alkid ini dengan mata tertutup. Konon anda akan dapat rezeki yang luar biasa apabila dapat berjalan di antara dua pohon beringin tersebut tanpa menabrak orang atau berjalan serong. Untuk mencoba pengalaman ini anda dapat menyewa kain hitam seharga Rp.3,000.


Gudeg Yu Djum

Wisata Jogja di Gudeg Yu Djum

Untuk urusan makanan di Jogja, sudah tentu Gudeg menjadi primadona utama yang wajib dicicipi saat melakukan wisata Jogja, dan soal Gudeg, sudah pasti harus ke Gudeg Yu Djum. Tempat gudeg yang terdapat di Jalan Wijilan (dekat dengan alun-alun dan keraton) ini sudah menjadi objek kuliner utama bagi para wisatawan dalam maupun luar negeri.

Gudeg Yu Djum ini seperti gudeg lain pada umumnya mempunyai menu ‘wajib’ yaitu sayur nangka berwarna kecoklatan, krecek pedas, telur dan ayam areh. Untuk seporsi gudeg legendaris ini, wisatawan perlu merogoh kocek sebesar Rp.10,000 / porsi, tetapi apabila ingin menambah ayam bagian dada bisa meningkat harganya menjadi Rp.30,000. Tidak murah memang untuk ukuran kota Jogja, tapi rasa-nya tidak ada bandingannya.

Karena cukup tahan lama, gudeg Yu Djum ini juga biasa menjadi oleh-oleh bagi pengunjung dari luar kota. Karakteristik gudeg yang kering memungkinkan untuk disimpan di kulkas selama tiga hari.

 

Museum Ulen Sentalu

Wisata Jogja di Museum Ulen Sentalu

Apakah terdengar membosankan? Mungkin itu yang ada di benak pertama mendengar kata museum. Tetapi melakukan wisata Jogja di Museum Ulen Sentalu ini jauh dari kata membosankan.

Museum ini terletak 25km dari kota Jogjakarta, tepatnya di daerah Kaliurang. Museum ini bercerita mengenai sejarah kerajaan Jogjakarta dan Solo melalui peninggalan-peninggalan antik dan bersejarah seperti lukisan, batik serta alat musik.

Museum ini berbentuk lorong-lorong panjang dan seperti sebuah maze, tapi jangan khawatir akan tersesat, karena anda akan dipandu oleh seorang guide yang juga sangat fasih menjelaskan sejarah kerajaan Jogjakarta dan Solo secara lengkap. Selesainya anda menelusuri Museum Ulen Sentalu ini, anda dapat bersantai dan menikmati makanan di restoran Beukenhof atau berbelanja di toko souvenir Putri Malu.

Sudah tertarik? Dengan harga tiket sebesar Rp.25,000, dijamin anda akan mempunyai persepsi berbeda dengan yang selama ini ada di benak anda.

 

RM. Timbul Roso

Wisata Jogja di RM Timbul Roso

Apabila anda lapar setelah mengunjungi museum Ulen Sentalu, maka anda dapat mampir ke Rumah Makan Timbul Roso yang letaknya tidak jauh dari Ulen Sentalu.

Karena jaraknya yang agak jauh dari pusat kota Jogja, tidak banyak yang mengetahui tentang restoran ini.  Suasananya yang sejuk dan asri dapat menjadi pilihan yang cocok bagi anda yang berwisata bersama dengan keluarga.

Aneka masakan khas Jawa Tengah seperti karedok maupun tempe penyet beserta  dapat anda nikmati di sini dengan harga kisaran Rp.20,000-Rp.30,000 saja beserta minumnya. Saran saya, jika anda mampir ke sini, anda wajib untuk memesan ikan bakar-nya, bumbunya terasa mantap!

 

Untuk hari pertama di Jogja, lima tempat wisata Jogja di atas tersebut sudah cukup banyak memberikan anda sebuah pengalaman unik yang dapat anda ceritakan kepada teman-teman anda. Sebaiknya anda beristirahat yang cukup di malam hari pertama ini karena saya akan mengajak anda melihat indahnya Candi Borobudur di kala fajar di artikel wisata Jogja yang kedua.

Please share if you find it useful :)Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+3Share on LinkedIn0
Andre Madian

About 

Andre adalah seorang digital marketer dan travel enthusiast.
Lulusan Teknik Industri ITB angkatan 2003 jurusan Teknik Industri, yang mempunyai passion di bidang startup dan teknologi.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Comments

  1. ulasannya yang bagus. saya juga rencana akan ke jogja. hanya saja kurang dijelasin dari satu lokasi ke lokasi lain naik apa dan berapa niayanya.. begitu juga untuk rute di hari kedua (saya sudah baca yang part 2)

  2. sudah beberapa kali ke Jogjakarta dan selalu ingin kembali ke sana.

  3. Banyak banget objek wisata di jogja, sampe bingung mau mampir yang mana dulu 😀
    Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
    kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk.. http://www.bumentik..com

    Terimakasih.. :)

  4. nice artikel kakak…. jangan lupa cobain wisata seru outbound Malang kalau berkunjung ke kota Malang

Speak Your Mind

*