Wisata di Bogor dan Mengapa Anda Harus ke Sana

Beberapa minggu yang lalu saya bersama teman-teman melakukan wisata di Bogor dalam rangka outing kantor. Saya yang sudah lama tidak berjalan-jalan ke kota yang akrab disapa dengan ‘kota hujan’ ini tentunya sangat excited mengikuti acara ini. Belum lagi tema acara wisata di Bogor ini adalah wisata alam yang menurut saya pribadi lebih menarik dibandingkan dengan liburan di dalam kota yang terbilang cukup monoton.

Dari acara wisata di Bogor tersebut, berikut  adalah 2 tempat penting yang menurut saya patut dikunjungi di sana:

Mongolian Highland Camp

Wisata di Bogor - Mongolian Highland Camp

 

Tempat ini merupakan tempat menginap kami ketika melakukan wisata di Bogor ini. Penginapan ini terbilang cukup unik, dimana apabila anda memperhatikan nama-nya, tentu anda sudah dapat menebak keunikan dari penginapan ini.

Penginapan yang mempunyai pemandangan gunung Salak ini mengambil bentuk tenda-tenda bangsa Mongolian yang berbentuk bulat menyerupai kubah. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, meskipun dibilang ‘tenda’ sebenarnya di dalam tenda tersebut adalah kamar luas berbentuk lingkaran yang bisa disetarakan dengan hotel bintang 4-5. Tenda yang luas tersebut dapat menampung hingga 6-7 orang  (menggunakan tambahan extra bed) apabila anda berwisata dalam group sehingga akan mengurangi beban biaya penginapan.

Selain fasilitas bentuk kamar hotel yang unik, Mongolian Highland Camp ini sangat cocok untuk dijadikan tempat offsite meeting / outing kantor ketika wisata di Bogor karena memiliki fasilitas meeting room yang cukup besar dan memiliki fasilitas sound system beserta projector. Untuk kegiatan team bonding, terdapat lapangan futsal indoor yang dapat dijadikan tempat bermain bola dengan teman-teman anda, dan juga terdapat kolam renang untuk dijadikan tempat poolside party ataupun outbond. Untuk penyuka adrenalin, terdapat fitur Flying Fox dan juga Airshot Gun yang dapat digunakan, tentunya dengan memesan terlebih dahulu kepada pihak Mongolian Camp.

Harga yang diberikan oleh Mongolian Highland Camp ini sudah termasuk dengan makan malam beserta dengan sarapan, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk mengurusnya. Terdapat 3 lokasi restoran di Mongolian Camp dengan variasi menu yang dijamin tidak akan membuat anda bosan.

Harga per malam untuk menginap di Mongolian Camp ini berkisar antara Rp.2,000,000 – Rp.3,500,000 per kamarnya. Anda dapat menggunakan tour & travel untuk menginap di sini karena terkadang travel agent mendapatkan special discount sehingga mungkin harganya bisa menjadi sedikit lebih murah.

Wisata Curug Nangka

 Wisata di Bogor - Wisata Air Terjun Curug NangkaApabila anda melakukan wisata di Bogor dan menginap di Mongolian Highland Camp, akan sangat sayang apabila anda melewatkan jalan-jalan ke Curug Nangka. Curug Nangka adalah sebuah nama air terjun di kawasan Ciapus Bogor yang letaknya tidak jauh dari Mongolian Camp (sekitar 10 menit menggunakan kendaraan).

Curug Nangka ini cukup unik karena mempunyai 3 tahap yang dapat dilihat dengan ketinggian yang berbeda-beda antara 10-20 m, sehingga wisatawan akan memiliki pengalaman yang berbeda-beda pada setiap tahapnya. Saya sendiri mengambil tahap ketinggian yang paling rendah dimana kami berjalan menyusuri anak sungai dan sampai kepada bagian bawah air terjun Curug Nangka tersebut. Menyusuri anak sungai-nya pun menurut saya merupakan suatu pengalaman yang menyenangkan yang sudah jarang kita temui di kota-kota dimana air yang kita lihat sangat jernih dan sangat dingin ketika menyentuh kulit kita. Oleh karena itu saya sarankan untuk memakai sandal saja ketika melakukan wisata Curug Nangka ini agar dapat merasakan kesegaran air yang masih terjaga kemurniannya.

Sebenarnya Curug Nangka ini bukanlah satu-satunya air terjun yang ada di kawasan ini, masih ada lagi 2 air terjun yang berjarak 100m satu sama lainnya yaitu Curug Kawung dan Curug Daun. Dari ketiga air terjun ini yang paling sering dikunjungi adalah Curug Nangka karena lokasinya yang paling bawah dibandingkan oleh kedua curug lainnya.

Satu hal yang saya sayangkan ketika berwisata ke Curug Nangka ini adalah sistem pungutan liar ketika memasuki kawasan ini, dimana kami dipungut biaya hingga 2-3x oleh oknum petugas. Mudah-mudahan hal seperti ini segera dibereskan oleh dinas pariwisata agar daerah wisata kita dapat maju dan berkembang.

Karena Bogor dikenal juga sebagai ‘kota hujan’ disarankan untuk menyiapkan diri dengan membawa perlengkapan yang tahan air seperti dry bag dan juga jas hujan sehingga anda dapat menikmati wisata di Bogor secara maksimal.

Please share if you find it useful :)Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+3Share on LinkedIn3
Andre Madian

About 

Andre adalah seorang digital marketer dan travel enthusiast.
Lulusan Teknik Industri ITB angkatan 2003 jurusan Teknik Industri, yang mempunyai passion di bidang startup dan teknologi.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Comments

  1. great place! really!

  2. Harga 2 juta sampe 3.500.000 itu untuk satu org atau untuk sampe 6 org ? Dan harga itu udah termasuk sama wahana yg ada di sana ga ? Kaya outbond dll ? Terima kasih

    • Hi Jundina,

      harga yang tertera di atas tersebut untuk 1 kamar, jadi bisa sampai 6 orang. Kalau datangnya per grup bisa dibagi 6 deh biayanya. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas yang ada di penginapan seperti kolam renang dan sarapan.

      Akan tetapi untuk outbond seperti flying fox harus memesan terlebih dahulu dan ada biaya tambahan =)

      • harga segitu inlclude b’fast only or plus dinner ?
        krn sy baca di internet infonya beda-beda. ada yg b’fast saja ada jg yg bilang include b’fast n dinner. untuk biaya outbound yg lain dimana sy bisa tau price list nya ?

        • Halo Desi,

          Pada saat kita menginap di Mongolian Camp di Desember 2012, harga yang kami sebutkan di artikel di atas sudah termasuk breakfast dan dinner.
          Tetapi karena itu harga di tahun 2012, mungkin sebaiknya dikonfirmasi kembali kepada pihak Mongolian Camp karena mungkin saja ada perubahan harga :)

          Untuk price listnya bisa langsung menghubungi pihak resort di http://www.thehighlandparkresortbogor.com/en/index.html

          Semoga membantu :)

          Thanks

  3. harga terbaru untuk oktober 2014 berapa ya? dan itu 2-3,5 jt sudah termasuk apa saja yaa?? dan jika mau booking bisa hubungi kemana yaa??

  4. Sensasinya seperti menginap di yurt. Sepertinya patut dicoba kapan-kapan.

Speak Your Mind

*