10 Tips Menuju ke IKEA Kuala Lumpur

IKEA Kuala Lumpur - Depan Outlet

Apabila anda hobi menghias rumah, anda pasti tidak asing lagi dengan IKEA Kuala Lumpur. Ya, IKEA sudah banyak dikenal sebagai salah satu penyedia perabotan rumah yang minimalis tapi stylish dengan harga yang terjangkau. Karena IKEA sampai saat ini belum masuk ke Indonesia, banyak masyarakat Indonesia yang berburu barang-barang IKEA di negara tetangga seperti Singapore atau Malaysia. Di pertengahan November kemarin saya berkesempatan untuk melakukan wisata di Kuala Lumpur dan saya sudah mempunyai niat dari Jakarta untuk melihat IKEA Kuala Lumpur, karena kebetulan IKEA belum didirikan di Kuala Lumpur pada saat saya liburan ke sini di tahun 2001.

IKEA Kuala Lumpur ini ternyata mempunyai jarak yang cukup jauh dari pusat kota seperti Bukit Bintang, karena terletak di Kota Damansara yang jaraknya berkisar 20km dari pusat kota. Untuk mencapai IKEA Kuala Lumpur ini ada beberapa cara yang dapat digunakan dimana yang paling gampang tentunya adalah dengan langsung menyetop taksi yang lewat dan katakan tujuan anda ke IKEA. Rute taksi anda akan melewati via Lebuhraya Damansara Puchong (LDP), Penchala Link highway, the New Klang Valley Expressway (NKVE) dan SPRINT highway

Tetapi saya dapat mengatakan bahwa menggunakan taksi adalah cara yang sangat mahal mengingat jarak IKEA Kuala Lumpur yang sangat jauh. Oleh karena metode yang saya sarankan adalah dengan menggunakan kombinasi Monorail, LRT (Light Rail Transit) dan shuttle bus.

Berikut ini adalah tahap-tahap tips menuju ke IKEA Kuala Lumpur dari saya (dari Bukit Bintang):

  • Dari pusat kota Bukit Bintang, gunakanlah kereta dari stasiun Monorail Bukit Bintang yang letaknya tidak jauh dari pusat perbelanjaan Sungai Wang
IKEA Kuala Lumpur - Rute Monorail
  • Di stasiun Monorail Bukit Bintang ini anda harus membeli tiket yang menuju Kelana Jaya, tetapi karena tidak ada yang langsung, maka tujuan yang harus anda beli adalah Bukit Nanas (anda akan pindah ke LRT  arah Kelana Jaya di sini)
  • Nikmatilah perjalanan dan pemandangan kota Kuala Lumpur selama anda berada di Monorail ini, karena kereta ini berada di atas permukaan dan bukan di bawah tanah (bukan subway)
  • Sesampainya di stasiun Bukit Nanas turunlah dari kereta, dan ikuti jalan menuju stasiun LRT Dangwangi (ada petunjuknya setelah anda turun dari kereta).
IKEA Kuala Lumpur - Rute LRT ke Kelana Jaya
  • Di Stasiun LRT Dangwangi ini belilah tiket menuju stasiun paling ujung / akhir yaitu Kelana Jaya. Karena tempat perhentian anda sangat jauh, saya sarankan anda untuk mencari tempat duduk, karena anda tentunya tidak mau capek kan sebelum berkeliling dan memburu barang-barang yang diidamkan di IKEA.
  • Sesampainya di stasiun Kelana Jaya, anda harus turun dan menyebrang jalan menuju ke terminal bus yang tepat berada di seberang stasiun LRT tersebut.
IKEA Kuala Lumpur - Jadwal Free Shuttle Bus
  • Jadwal free shuttle bus yang menuju ke IKEA dimulai dari jam 09.00 pagi sampai jam 22.30 malam, dimana interval kedatangan bus-nya adalah setiap 1-2 jam menuju IPC Shopping Centre (tempat IKEA berada).
  • Karena jadwal interval bus yang cukup panjang, jangan sampai anda telat / ketinggalan untuk naik ke free shuttle bus tersebut, karena kapasitas bus tersebut pun hanya sampai 40 orang (dan biasanya penuh pada saat weekend).
  • Apabila anda ketinggalan free shuttle bus ini, anda dapat menggunakan bus kota biasa yang menuju Kota Damansara, hanya saja anda harus membayar untuk layanan ini. Saya sarankan untuk memberitahu kepada supir bus bahwa anda akan turun di IKEA karena bus kota biasa akan berhenti tidak tepat di IKEA tapi di seberangnya yang jaraknya lumayan.
  • Apabila anda sudah selesai berbelanja di IKEA, anda harus mengulang rute yang sama dengan arah kebalikan untuk pulang menuju Bukit Bintang.

Apabila anda membawa anak-anak, mungkin sebaiknya tidak mengikuti metode yang saya sarankan di atas dan lebih baik menggunakan taksi karena perjalanannya cukup memakan waktu dan melelahkan. Tetapi apabila anda adalah orang yang senang berpetualang dan merasakan pengalaman jalan-jalan yang seru, maka tips yang saya sebutkan di atas lebih cocok untuk anda dibandingkan dengan ‘cara mudah’ menggunakan taksi.

Jadi apakah anda sudah siap untuk berburu barang-barang seru di IKEA Kuala Lumpur?

Andre Madian

About Andre Madian

Andre adalah seorang digital marketer dan travel enthusiast.
Lulusan Teknik Industri ITB angkatan 2003 jurusan Teknik Industri, yang mempunyai passion di bidang startup dan teknologi.

Get More from Travescape

Love to read our stories? You can always stay updated!


Speak Your Mind

*